25 radar bogor

Nestapa Warga Tanah Baru Bogor, 10 Tahun Selalu Dihantui Banjir, Minta Pemkot Bogor Lakukan Penanganan

Banjir di wilayah Tanah Baru, Kota Bogor, Rabu (7/2/2024). Fatur/Radar Bogo

BOGOR-RADAR BOGOR, Banjir lintasan kembali menerjang ruas Jalan Tumenggung Wiradiredja, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara pada Rabu (7/2/2024).

Banjir ini terjadi, akibat meluapnya aliran air dari drainase yang ada di sekitar wilayah tersebut. Tingginya banjir bahkan membuat akses jalan itu tertutup.

Sejumlah kendaraan roda 2 dan roda 4 bahkan terpaksa berputar arah, tidak bisa melintas karena banjir. Beberapa motor juga mengalami mogok dan terpaksa didorong warga.

Baca juga: Vina Siap Bantu Kunjungan Pembeli di Pasar Tanah Baru

Warga setempat Alif Firdaus mengungkapkan, bencana itu sudah sering melanda wilayah, sejak 10 tahun lalu.

Dirinya bahkan membangun benteng di depan rumahnya untuk mencegah air masuk ke dalam rumah.

“Sudah terjadi sejak saya pertama kali pindah ke sini di tahun 2014. Dan sampai sekarang masih sering terjadi. Ketinggiannya mencapai 80-100 centimeter atau sepinggang orang dewasa,” ujarnya.

Tak hanya berdampak pada arus lalu lintas, banjir juga sering kali merendam rumah warga. Alif menyebut ada sekira 8-10 rumah yang menjadi korban banjir.

Dirinya mengungkapkan, bencana terjadi akibat aliran air yang tertahan rendahnya jembatan, yang melintang di atas Jalan PLN.

Baca juga: Baru Dibangun Jembatan Cidangder Ambles, Desak PUPR Usut Tuntas

Derasnya aliran sungai kemudian tumpah ke jalan, dan masuk ke dalam rumah warga. Sehingga banjir merendam rumah warga.

“Kami berharap jembatan itu cepat direvitalisasi dan drainase tersebut dinormalisasi, sehingga banjir atau alirannya tidak lagi tumpah ke jalan,” harap dia. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari