25 radar bogor

Sabar, Pj Bupati Bogor Sebut Pencairan Dana BOP PAUD Masih Diproses, Ini Kendalanya

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu berharap, agar para penerima bantuan Dana Bantuan Operasional Pendidikan atau BOP PAUD Kabupaten Bogor untuk bersabar.

Sebab proses penganggaran BOP PAUD saat ini masih berproses.

“Harap bersabar, pemerintah kabupaten akan mencairkan BOP PAUD pada waktunya,” katanya saat dikonfirmasi, Senin, (5/2/2024).

Baca juga: Gerak UNPAK: Implementasi Kualitas Layanan Guru PAUD Berbasis Growth Mindset

Dia menjelaskan, alasan keterlambatan dari proses pencairan, lantaran saat ini, pemerintah tengah melakukan perbaikan sistem pencairan keuangan.

Sebab awal tahun ini, kata dia, APBD baru ditetapkan. Sehingga memerlukan penyesuaian dengan sistem informasi pemerintahan daerah, untuk perencanaan penganggaran, termasuk pencairan anggaran.

“Mekanisme BOP PAUD dan tanggal pencairan terkadang bergantung pada maintenance sistem. Ini bukan keputusan pemerintah daerah, melainkan kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Keuangan,” jelasnya.

Menurutnya, ini perlu dilakukan agar semua bisa berjalan dengan tepat dan sesuai aturan. Terutama untuk mencegah penyalahgunaan anggaran.

“Proses pencairan bisa masuk ke kas daerah, tetapi maintenance sistem tetap dilakukan untuk pengelolaan keuangan yang akuntabel,” ungkapnya.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat, FISIB Unpak Tingkatkan Kapasitas Media Pembelajaran Guru PAUD

Asmawa pun menegaskan proses penyaluran BOP PAUD ini tidak memiliki kaitan dengan penyelenggaraan pemilu.

“Tidak ada kaitan dengan tanggal 14 Februari, dan semuanya sedang berjalan dengan baik. Tidak ada masalah dengan proses pencairan BOP PAUD ini,” katanya. (cr1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari