25 radar bogor

Nestapa Warga Rumpin : Jalan Tak Pernah Mulus, Lubang dan Kubangan Dimana-mana

Rumpin
Kondisi jalan di Kecamatan Rumpin yang berlubang dan penuh kubangan.

RUMPIN-RADAR BOGOR, Jalan di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor ini tak pernah bisa mulus. lubang dimana-mana. Membentuk kubangan air. Lebarnya mulai dari 10 hingga 90 sentimeter.

Baca Juga : Tawuran Pelajar Pecah di Parung, Saling Serang Pakai Sajam

Kedalaman lubang juga ada yang mencapai 30 sentimeter. Bukan saja berlubang dan banyak kubangan, jalan di Rumpin itu juga bergelombang.

Kondisi itu hampir ditemui di sejumlah jalan di Kabupaten Bogor. Jalan itu hancur karena dilintasi truk pengangkut tambang.

Salah satunya jalan di Kampung Ciherang, Kecamatan Rumpin. Warga di sana harus pintar-pintar menghindari lubang dan mencari jalan yang agak rata.

“Kalau musim hujan gini jadi banyak ranjau. Gak hati-hati bisa kejeblos,” aku Irwan warga sekitar kepada Radar Bogor Selasa (6/4/2024).

Bukan saja bergulat dengan jalan rusak nan berlubang. Kata dia, warga di sana juga harus mewaspadai truk-truk pengangkut tambang yang melintas.

Di sana, lebih baik pengendara tidak asal menyalip. Karena nyawa taruhannya. “Nyalip truk, kepeleset kalau gak luka ya meninggal kelindas truk,” tuturnya.

Hal senada dikatakan oleh Ridwan. Kata dia, kondisi jalan kabupaten di wilayah Rumpin banyak yang rusak. Jika pun diperbaiki hanya dilakukan pengurukan. “Itupun saat hujan langsung buyar dan bikin jalan tambah becek,” katanya kepada Radar Bogor.

Baca Juga : Mumpung Lagi Musimnya, Yuk Berburu Durian Rumpin Bogor yang Rasanya Manis dan Lezat

Pun dikatakan oleh Sulaeman warga sekitar. Kata dia, jalan di wilayah Rumpin tak pernah bisa bertahan lama. Jikapun ada perbaikan atau betonisasi dalam beberapa bulan sudah hancur kembali.

Itu lantaran kapasitas jalan tidak mampu menampung beban truk yang melintas di jalan tersebut. “Jalannya gak kuat nahan truk, hancur terus. Gak bisa awet,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep