25 radar bogor

Gaungkan Budaya Peduli Lingkungan, Ciptakan Kabupaten Bogor Hijau dan Asri

Lingkungan
Sebagai upaya mendorong masyarakat Bogor peduli lingkungan, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu lakukan silaturahmi dengan para penggiat Kampung Ramah Lingkungan.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebagai upaya untuk mendorong masyarakat Kabupaten Bogor peduli lingkungan, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu lakukan silaturahmi dengan para penggiat Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dan pendamping lingkungan hidup se-Kabupaten Bogor, di Auditorium Setda, Senin (5/2/2024).

Baca Juga : Pencanangan Gerakan Tanam Cabai se-Indonesia, Kabupaten Bogor Siap Jadi Tuan Rumah

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menjelaskan bahwa, tema besar pembangunan saat ini baik itu di tingkat nasional, regional dan lokal adalah pembangunan yang berkelanjutan.

Artinya, pembangunan yang mengedepankan aspek lingkungan sehingga harapannya walaupun frekuensi pembangunan yang sangat tinggi tetapi tidak mengesampingkan aspek lingkungan. Justru di tengah pesatnya pembangunan harus menghadirkan lingkungan yang senantiasa hijau, ramah dan segar.

“Apalagi Kabupaten Bogor ini merupakan daerah yang berpotensi rawan bencana. Sangat penting dalam menjaga lingkungan, alhamdulilah saya mengapresiasi ternyata kesadaran warga masyarakat di Kabupaten Bogor ini sangat tinggi untuk senantiasa mengedepankan aspek lingkungan dalam kegiatannya,” beber Pj Bupati Bogor.

Dalam kesempatan ini, Asmawa Tosepu juga memberikan secara simbolis penyerahan bibit tanaman buah-buahan kepada warga masyarakat terutama para penggiat lingkungan dan aktivis lingkungan. Itu dilakukan sebagai upaya Pemkab Bogor dalam menjaga lingkungan.

“Ini upaya kami di tengah aktivitas pembangunan fisik infrastruktur kita tetap mengedepankan aspek lingkungan guna menciptakan lingkungan yang asri, hijau serta antisipasi terjadinya bencana alam,” tegasnya.

Ia juga mengaku bangga terhadap aktivitas para penggiat peduli lingkungan yang telah memanfaatkan limbah sampah dan mendaur ulangnya menjadi beragam produk bernilai ekonomi tinggi.

“Ini adalah bentuk komitmen bukan hanya sekedar wacana atau ide-ide gagasan tetapi memang sudah langsung dipraktikkan, oleh karena itu terus kita dorong untuk hal-hal positif seperti ini. Sehingga Kabupaten Bogor bisa lebih inovatif lagi dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak bermanfaat kemudian bisa digunakan kembali,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Subiantoro mengatakan, tujuan silaturahmi ini kampung ramah lingkungan Bogor adalah mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dan menggaungkan program lingkungan berbasis masyarakat.

Baca Juga : Pj Bupati Bogor Ajak HIPMI Sukseskan Pesta Demokrasi di Kabupaten Bogor

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini program lokal KRL Kabupaten Bogor bisa mendorong suksesi program lingkungan nasional. Banyak yang sudah kita lakukan berkaitan dengan kegiatan berbasis lingkungan pertama pembuatan seribu lubang biopori, resapan air di daerah kekeringan dan rawan banjir serta lainnya,” ujarnya. (*)

Editor : Yosep