25 radar bogor

BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi Sosialisasikan JKK, JKM, JHT ke Kepala Sekolah RA se-Kabupaten Bogor

BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi melakukan sosialisasi kepada kelompok kerja (pokja) Raudhatul Athfal, dan Ikatan Guru Raudhatul Athfa (KKRA/IGRA) se-Kabupaten Bogor, di Sekretariat IGRA Cibinong, Selasa (6/2/2024).

CIBINONG-RADAR BOGOR, BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi melakukan sosialisasi kepada kelompok kerja Raudhatul Athfal, dan Ikatan Guru Raudhatul Athfa (KKRA/IGRA) se-Kabupaten Bogor, di Sekretariat IGRA Cibinong, Selasa (6/2/2024).

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi Soni Cahya mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang program, dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan untuk tenaga pendidik maupun kependidikan lingkup Kemenag.

Dia memaparkan, program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan di antaranya terdapat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca juga: Pinhome Resmi Kerja Sama Dengan BPJS Ketenagakerjaan

“Ini merupakan amanah dari negara sesuai dengan peraturan yang ada untuk memberikan perlindungan dari resiko sosial-ekonomi. Dalam hal ini, resiko kecelakaan melalui Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kerja dan resiko kematian melalui Jaminan Kematian (JKM),” katanya.

Dia menjelaskan peserta BPJS hanya membayar iuran per bulan dengan nominal hanya Rp 10.800 per bulan. Namun bisa mendapatkan dua program sekaligus, di antaranya JKM dan JKK.

Adapun manfaat dari JKK, di antaranya biaya transportasi dari TKP ke fasilitas kesehatan, biaya rumah sakit, STMB 1 tahun pertama, santunan kematian akibat kecelakaan kerja, hingga beasiswa per tahun bagi 2 orang anak peserta JKK.

“Sedangkan untuk manfaat dari JKN, yaitu santunan kematian senilai Rp42 juta dan juga beasiswa seperti yang ada di program JKK sebelumnya,” ungkapnya.

Soni pun berharap, dengan adanya sosialisasi ini peserta yang hadir bisa langsung mendaftarkan diri ke program ini.

Karena, kata dia, ini menyangkut perlindungan dan kenyamanan tenaga kerja yang memiliki peluang mengalami kecelakaan kerja dan kematian.

“Saya berharap setelah ini bapak-ibu bisa mendaftar guru dan staf sekolahnya sebagai peserta,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bogor Ahmad Syukri mengatakan, manfaat BPJS Ketenagakerjaan sangat besar, dengan iuran yang kecil sehingga berguna untuk guru. Sebab menjadi lebih terjamin dengan adanya jaminan kecelakaan kerja atau pun kematian.

“Ini merupakan hal yang baik untuk diketahui sebagai jaminan dalam bekerja,” katanya.

Baca juga: Cegah Kredit Macet, BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi Jalin Kerja Sama dengan Bank Syariah BTB

Syukri menerangkan, sosialisasi merupakan tindaklanjut kerja sama antara Kemenag Kabupaten Bogor dan BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi.

Agar seluruh guru dan tenaga kependidikan di lingkup Kemenag, bisa tercover, dan mendapatkan manfaatnya dikemudian hari.

“BPJS Ketenagakerjaan ini penting dimiliki oleh seluruh yang bekerja khususnya di lingkup Kemenag Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi Awalul rizal mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengcover para staf dan seluruh tenaga pendidik di lingkungan Kemenag Kabupaten Bogor. “Jadi mereka tercover,” tandasnya.
(cr1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari