25 radar bogor

Ternak Lele di Kayumanis Dikeluhkan Warga, Sebabkan Bau Tak Sedap

Ilustrasi ternak lele
Ilustrasi ternak lele

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah warga Kampung Kayumanis RT 02/01, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, mengeluhkan keberadaan ternak lele yang ada di sekitar perkampungan.

Baca Juga : Musrenbang Tanah Sareal, Bima Arya Tekankan 4 Hal Ini Harus Dibenahi

Keluhan warga itu terkait bau yang tak sedap dari lokasi ternak lele, juga tumbuhnya jentik nyamuk yang dikhawatirkan justru membawa penyakit Demam Berdarah (DBD).

“Kami sudah bermusyawarah dengan penanggung jawab ternak dengan warga beberapa pekan lalu. Hasilnya, ternak lele harus memberi obat agar tidak menimbulkan bau tak sedap, dan tiap hari harus menguras agar tidak tumbuh jentik-jentik nyamuk,” kata ketua RW 1 Mulyadi, pada Minggu (4/2/2024).

Hasil kesepakatan tersebut, dijelaskan Mulyadi pihak penangggung jawab ternak lele menyanggupi untuk menjalankan kesepakatan tersebut. Salah satunya, menutup terpal agar baunya tidak menyebar ke rumah warga.

“Nah tadi, ada laporan dari warga lagi bahwa baunya masih menyengat, kami perintahkan ketua RT untuk memeriksanya,” ucap dia.

Baca Juga : Ritual Cuci Rupang, Patung Dewa Dewi di Vihara Dhanagun Bogor Dibersihkan

Dari hasil laporan RT ke lokasi, di dalam bak ternak lele ditemukan jentik-jentik nyamuk. “Saya harap masalah ini bisa selesai,” tandas Mulyadi. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep