25 radar bogor

Pemkab Bogor Desak Pemprov Jabar Operasikan TPPAS Lulut Nambo

TPPAS Lulut Nambo di Kabupaten Bogor. Hendi/Radar Bogor

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor meminta ke Pemprov Jabar, agar Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah atau TPPAS Lulut Nambo, Kecamatan Klapanunggal segera difungsikan untuk menampung volume sampah di Kabupaten Bogor.

“Jadi saat ini Pemkab Bogor melalui APBD mengalokasikan anggaran pemeliharaan sarana dan prasarana TPPAS Lulut Nambo” ungkap Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu, 3Senin (5/2).

Sementara itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar untuk percepatan pengoperasian TPPAS Lulut Nambo, Kecamatan Klapanunggal.

Baca juga: Kota Bogor Belum Bisa Kirim Sampah ke TPPAS Lulut Nambo, Ini Sebabnya

“Mudah-mudahan tahun ini bisa digunakan, karena sebenarnya aktivitas fisiknya sudah hampir rampung, tinggal kebijakannya dan sarana pendukungnya,” ungkap mantan Walikota Kendari tersebut.

Termasuk tenaga kebersihan, desa dan kecamatan dari sisi persiapan sarana dan kesejahteraan, di tahun ini ada perbaikan.

“Hasil peninjauan TPPAS Lulut sudah bisa digunakan, tetapi ada sarana pendukung yang harus dipersiapkan, termasuk sisi jalan,” jelas dia.

Kewenangan ada di provinsi, jadi Pemkab Bogor hanya sebatas koordinasikan bagaimana ini secepatnya dimanfaatkan.

“Tetapi sudah ada lampu hijau dari Pemprov Jawa Barat, bahwa mudah-mudahan sesegera mungkin bisa digunakan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, TPPAS Lulut Nambo yang berada di lahan seluas 55 hektare di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Jika selesai semua, TPPAS Lulut Nambo akan memiliki daya tampung total 1.800 sampai 2.300 ton per hari. Selain Depok, nantinya fasilitas ini akan menerima dan memproses sampah dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Tangerang Selatan. (Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari