25 radar bogor

Ikut Amankan Pemilu, Satpol PP Diminta Jaga Sinergitas dengan TNI-Polri

Satpol PP
Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Satpol PP se-Kabupaten Bogor dalam menghadapi Pemilu dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor ikut dalam pengawasan dan pengamanan Pemilu 2024. Hal ini karena Satpol PP merupakan kepanjangan tangan dari Pemkab Bogor untuk menjaga keamanan.

Baca Juga : Ketua DPRD Rudy Susmanto Apresiasi Kinerja Pj Bupati Bogor

Maka dari itu harus menjaga sinergitas dengan stakeholder terkait, terutama TNI dan Polri. Hal ini disampaikan Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Satpol PP se-Kabupaten Bogor dalam menghadapi Pemilu dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

Asmawa mengatakan, apel ini menunjukan kesiapan Satpol PP dalam dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor.

“Satpol PP memiliki peran penting dan strategis dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah,” katanya di Apel Kesiapsiagaan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (5/2/2024).

“Sembilan hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024. Terkait hal ini maka,,” jelas Asmawa.

Dia menuturkan, kesuksesan pelaksanaan pemilu memiliki dua indikator, pertama terciptanya kondusifitas wilayah. Sehingga satpol PP bertugas memastikan pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar, aman, tertib, dan kondusif. Salah satunya adalah menjaga keamanan logistik Pemilu

“Indikator sukses kedua adalah adalah tingginya partisipasi politik masyarakat pada Pemilu 2024, Hak konstitusi yang sudah dijamin negara dalam rangka memimpin bangsa lima tahun kedepan wajib digunakan. Satu suara saja menjadi penting untuk masa depan bangsa ini,” tuturnya.

Asmawa menyebut Satpol PP harus ikut mengedukasi agar masyarakat yang sudah memiliki hak suara, untuk menggunakan hak pilihnya.

Sebab posisi Kabupaten Bogor memiliki peran penting sebagai penyangga ibukota sehingga proses politiknya harus berjalan dengan baik.

“Saya minta beri pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk sama-sama memberikan hak suaranya ke TPS. Partisipasi politik masyarakat menjadi penting,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dia berharap agar Satpol-PP bisa menjalankan tugas dengan baik. Sebab Kabupaten Bogor memiliki luas wilayah dan penduduk yang besar sehingga memerlukan kerja keras dalam melaksanakan pengamanan Pemilu.

Baca Juga : Pj Bupati Bogor Ajak HIPMI Sukseskan Pesta Demokrasi di Kabupaten Bogor

“Tantangan di Kabupaten Bogor lebih besar dibandingkan dengan daerah lain, disamping luas wilayah yang besar, kemudian kabupaten dengan jumlah penduduk yang terbanyak di Indonesia, juga termasuk daerah rawan bencana. Maka laksanakan dengan bertanggung jawab tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada kita,” jelasnya. (cr1)

Reporter : Fikri Rahmat Utama
Editor : Yosep