25 radar bogor

Banyak Imigran yang Meninggal di Kawasan Puncak Bogor, Camat Angkat Tangan

TKP penemuan mayat imigran di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Warga di Cisarua, Kabupaten Bogor dibuat geger dengan penemuan Warga Negara Asing (WNA) atau imigran yang meninggal di Kawasan Puncak.

Jasad imigran yang meninggal di Kawasan Puncak diduga berasal dari Nigeria itu, ditemukan di Desa Batulayang, Cisarua pada Jum’at, (2/2/2024) lalu.

Baca juga: Kawasan Puncak Bogor Gak Bisa Diem, Ada Penginapan Baru Berkonsep Retro Modern yang Lagi Bagi-Bagi Promo Nih…

Padahal belum lama ini, juga ditemukan jasad imigran di Kawasan Puncak, tepatnya di sebuah rumah kontrakan di Desa Tugu Utara, Cisarua pada Jum’at 22 Desember tahun 2023 lalu.

Dari dua peristiwa tersebut, Camat Cisarua Heri Risnandar angkat bicara mengenai pengawasan, terhadap para imigran di Kawasan Puncak, khususnya di Kecamatan Cisarua.

Menurutnya, tugas tersebut bukan merupakan tugas aparat kecamatan, melainkan tugas Pengawasan Orang Asing (POA) di bawah Kantor Imigrasi.

“Kartu izin tinggal terbatas juga dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi, jadi pengawasan adalah tupoksi tim POA di bawah imigrasi,” jelas Heri, Senin (5/2/2024).

Meski begitu, kata Heri, pihak kecamatan bertanggung jawab dalam menjaga ketertiban wilayah dari keberadaan para imigran tersebut.

“Kami fokus pada antisipasi dan pemeliharaan untuk mencegah pelanggaran trantibum dari keberadaan imigran,” jelasnya.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Kawasan Puncak, Segini Tinggi Air Bendung Cibalok

Untuk itu, dalam mendukung pengawasan terhadap kehadiran imigran terlebih imigran gelap di Kawasan Puncak, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak imigrasi.

“Kami sadar bahwa ada kewenangan institusi lain yang juga terlibat dalam persoalan imigran di Kawasan Puncak,” tandasnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari