25 radar bogor

Terletak di Kelurahan Katulampa, Ini Lokasi dan Rute Menuju Kantor Pemerintahan Kota Bogor yang Baru

Kantor Pemkot Bogor
Lokasi pembangunan Kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru di kawasan Katulampa, Bogor Timur. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Beberapa tahun ke depan Kantor Pemerintahan Kota Bogor akan menempati lokasi baru di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Kantor Pemerintahan Kota Bogor yang baru itu, berisi Balai Kota baru, dan belasan kantor organisasi perangkat daerah, yang akan dibangun di lahan seluas 6 hektare di Kampung Cikeas, dan Kampung Pasir, Kelurahan Katulampa.

Lokasi kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru bisa diakses melalui 2 jalur.

Baca juga: Dorong Ekonomi Sekitar Kantor Pemerintahan Baru, Pemkot Bogor Tawarkan Ini ke Investor

Dari sisi selatan, rutenya meliputi Jalan Regional Ring Road (R3) hingga simpang Parung Banteng, lalu belok kiri ke Jalan Sukaraja-Katulampa. Kemudian masuk ke Jalan Bogor Raya City.

Sementara itu dari sisi utara, rute yang bisa ditempuh dari Jalan Padi, berlanjut ke Jalan Kampung Sawah lalu Jalan Danau Bogor Raya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Daerah (Bapperida) Kota Bogor Rudy Mashudi menerangkan, akses yang saat ini, termasuk dalam area perumahan itu, ke depan akan menjadi jalan umum.

“Kedua akses ini sekarang sedang dibangun PT Sejahtera Eka Graha dan akan tersambung dengan Jalan Bogor Raya City. Jalan itu nanti diserahkan ke Pemerintah Kota sebagai fasos, fasum, Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU),” terangnya kepasa Radar Bogor, Sabtu (3/2/2024).

Hingga saat ini, belum ada transportasi umum yang bisa menjangkau ke area bakal Kantor Pemerintahan Kota Bogor baru itu. Namun ke depan, wilayah ini akan bisa dijangkau oleh Biskita Transpakuan.

“Nanti Biskita Transpakuan Koridor 6 yang sampai ke Katulampa (Parung Banteng) akan didorong sampai masuk ke kawasan Kantor Pemerintahan baru,” ungkap Rudy.

Rudy Mashudi menyebut, Balkot Bogor baru nanti akan berkonsep green building (bangunan ramah lingkungan).

Bangunan ini diklaim akan lebih ramah lingkungan dan hemat energi, karena tidak banyak menggunakan listrik untuk pencahayaan.

Bangunan ini juga disebutnya akan memiliki sirkulasi udara yang tidak banyak menggunakan pendingin ruangan (AC).

“Balkot baru juga akan dibuat lebih besar dari Balkot saat ini. Balkot baru akan memiliki 8 lantai dan menampung sejumlah kantor dinas. Luas Balkot baru 40 persen luasan total kawasan Kantor Pemerintahan Baru yang memiliki luas 6 hektar,” ujar Rudy saat dihubungi Radar Bogor, Sabtu (3/2/2024).

Ia menjelaskan, konsep itu memang menjadi alasan dibangunnya Kantor Pemerintahan Kota Bogor yang baru.

Menurut Rudy, kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bogor saat ini terlalu tersebar dan banyak berdiri di tengah permukiman.

Misalnya seperti Kantor Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (KUKMDagin), dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker).

Dirinya ingin Kantor Pemerintahan baru bisa mengintegrasikan kantor-kantor OPD dalam satu kawasan. Sehingga lebih memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.

“Bakal ada 18 dinas di Balkot Baru. Kecuali Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena mereka memiliki alat-alat berat jadi tidak mungkin digabungkan di sana,” terang Rudy.

Baca juga: Gerebek Balaikota, Mantan Karyawan PDJT Desak Pemkot Bogor Bayar Rp1,7 Miliar

Dalam desain yang diperoleh Radar Bogor menunjukkan, kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru akan didominasi warna putih, layaknya Balkot saat ini.

Di depan Balkot di kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru, nantinya terpampang logo Kota Bogor yang berukuran sangat besar.

“Konsep awal kami tidak menghilangkan sisi heritage yang ada di Balkot lama. Detilnya akan dibuat dalam DED yang akan disusun oleh Dinas PUPR tahun ini untuk kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru,” ucap dia. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari