25 radar bogor

Kronologis Aksi Pencuri di Rumah Villa Ciomas Indah, Polisi: Kendaraan Pelaku Mobil Sewaan

Empang
Kondisi mobil pelaku perampokan rumah setelah terjebak mancet dan dihajar massa di Jalan Empang, Sabtu (3/2/2024). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Komplotan pencuri babak belur diamuk warga di Jalan Empang, Kecamatan Bogor Selatan pada Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga : Terjebak Macet di Empang, Kawanan Perampok Rumah Babak Belur Diamuk Massa

Mobil Xenia bernomor polisi B 1749 NZX yang dikendarai ketiga pencuri di rumah kosong itu ringsek dihajar puluhan masyarakat.

Kapolsek Ciomas Kompol Iwan Wahyudin menjelaskan kejadian tersebut bermula ketika para pelaku sedang mencuri di sebuah rumah di Perumahan Villa Ciomas Indah, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Iwan menerangkan, saat itu rumah tersebut dalam kondisi kosong karena ditinggal pemiliknya yang tengah berolahraga.

“Para pelaku masuk dengan merusak pagar dan pintu rumah korban. Mereka menggasak uang tunai, laptop, dan perhiasan yang totalnya senilai Rp50 juta,” terang Iwan saat ditemui Radar Bogor di kantornya pada Sabtu (3/2/2024).

Pukul 12.10 WIB korban pulang mendapati di depan rumahnya ada mobil. Karena merasa terhalang saat ingin masuk, korban keluar dari mobilnya dan hendak menegur.

Korban terkejut melihat pengendara mobil tersebut justru keluar dari rumahnya. Padahal dirinya yakin rumahnya dalam kondisi kosong dan terkunci. Korban pun sontak berteriak “maling”.

Para pencuri yang sadar aksinya diketahui kemudian masuk ke dalam mobil dan melarikan diri. Mereka melajukan mobilnya dengan kecepatan tinggi dengan arah zig-zag.

Mendengar teriakan korban tetangga dan warga yang ada di sekirar perumahan itu pun spontan mengejar mobil yang dikendarai pelaku menggunakan sepeda motor.

“Di jalan ada beberapa kendaraan yang tertabrak oleh mobil pelaku. Akhirnya mereka terjebak di pertigaan lampu merah Empang. Ketiganya kemudian dihakimi warga. Mobil sewaan yang digunakan mereka dalam aksi itu dihancurkan. Para pelaku kemudian diamankan ke Polsek Bogor Selatan dan saat ini suah dibawa ke Polsek Ciomas,” jelas Iwan.

Akibat aksi nekat para pelaku sejumlah kendaraan mengalami kerusakan. Salah satu pengendara yang terdampak diakui Iwan telah membuat laporan polisi karena merasa dirugikan akibat ulah para pelaku. Korban pencurian juga saat ini telah membuat laporan ke Polsek Ciomas.

“Bagi pengendara yang terluka atau kendaraannya rusak tertabrak pelaku bisa membuat laporan ke Polsek Ciomas,” ucap Iwan.

Hasil introgasi sementara, Iwan mengatakan para pelaku berasal dari Provinsi Jawa Tengah, dua pelaku berasal dari Semarang, satupelaku dari Boyolali. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep