25 radar bogor

Jalan Longsor di Cileungsi Bogor Ini Ancam Keselamatan Warga, Pemdes Ajukan Perbaikan TPT

Jalan longsor di Cileungsi, Kabupaten Bogor ancam keselamatan warga. Jaenal/Radar Bogor.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Jalan longsor di Kampung Parung Kujang RT 02/02, Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, mengkhawatirkan keselamatan warga.

Jalan longsor akibat tembok penahan tanah (TPT) roboh itu, diduga terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Bogor, akhir-akhir ini.

“Jalan longsor ini akibat hujan terus, mengikis tanah, ya roboh TPT-nya,” ungkap Ketua RT 02/02 Kampung Parung Kijang, Mariadi kepada wartawan.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pabrik Bukaka, yang merupakan pemilik tanah terdampak longsor di bawah jalan longsor itu.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Muhamad Adam Hamdani membenarkan kejadian itu.

Baca juga: TPT Longsor, Satu Rumah Warga di Cileungsi Bogor Terancam Ambruk

Berdasarkan data, dampak jalan longsor dan robohnya TPT, satu rumah yang dihuni 5 jiwa terancam ikut ambruk. Satu pohon juga tumbang.

“Beruntung, ada kabel, yang menahan tanah,” beber dia.

Situasi terkini menurut Adam, TPT longsor belum diperbaiki dan pohon tumbang belum dapat evakuasi karena kondisi cuaca dan terdapat kabel listrik PLN yang menempel di pohon.

“Khawatir bila kabel putus, pohon dapat menimpah rumah karena kondisi pohon miring tepat di atas rumah, dan butuh penanganan khusus,” kata Adam.

Sementara Kepala Desa Limusnunggal Kecamatan Cileungsi Galih Rakasiwi menuturkan, pihaknya sudah meninjau lokasi jalan longsor.

“Minimal kita bakal cari solusi dengan penanganan tercepat untuk jalan longsor itu, gimana caranya agar bisa menahan tanah dulu,” pungkasnya. (Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari