25 radar bogor

Cuma 5 Menit dari Stasiun Bogor, Ini 3 Rekomendasi Lokasi Wisata Sejarah di Kota Bogor

Museum di Kota Bogor, Jawa Barat.

BOGOR-RADAR BOGOR, Di Kota Bogor, terdapat beberapa lokasi wisata sejarah seperti museum. Ini menjadi tempat petualangan intelektual yang menghidupkan kembali warisan manusia dan rangkaian kisah yang menjadi cikal bakal kehidupan di masa sekarang.

Bukan hanya sebatas mengoleksi benda-benda kuno dan karya seni, tetapi lebih dari itu. Museum ibaratkan jendela masa lalu, di tempat ini kita bisa melampaui sekadar pameran, meresapi perjalanan sejarah, pengetahuan, seni, bahkan inspirasi dan perasaan.

Tak ada salahnya untuk menjelajahi beberapa museum di Kota Bogor. Berikut tiga rekomendasi museum yang tidak hanya memperkaya pengetahuan, tetapi juga pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Bogor, Yuk Kepoin Lokasinya, Cocok Buat Healing Akhir Pekan

  1. Museum Perjuangan Bogor

Berbagai koleksi mata uang, senjata tradisional dan modern yang pernah dipakai bertempur melawan penjajah, pakaian dan barang-barang yang digunakan para pejuang di bogor, hingga Diorama yang menggambarkan perjuangan meraih kemerdekaan di Bogor.

Museum Perjuangan Bogor berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 56, Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempatnya tidak jauh dari Stasiun Bogor, sekitar 5 menit untuk sampai ke museum ini.

Museum Perjuangan Bogor buka setiap hari mulai jam 08.00 – 16.00 WIB. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

  1. Museum Tanah dan Pertanian

Museum ini menyajikan berbagai pameran dan koleksi seperti sejarah pertanian di wilayah Bogor, jenis-jenis tanah di Bogor dan karakteristiknya, koleksi alat pertanian tradisional dan modern yang digunakan masyarakat Bogor, koleksi flora dan fauna yang berperan bagi pertanian di wilayah Bogor, Inovasi Pertanian, dan edukasi konservasi lingkungan.

Museum Tanah dan Pertanian berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 98, RT.01/RW.01, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Tempat Wisata Hits dan Populer di Bogor, Mulai Wisata Alam Hingga Wisata Budaya

Jam operasional Museum Tanah dan Pertanian di buka pada hari Selasa – Jumat (09.00 – 15.00). Hari Sabtu (09.00-12.00). Namun tutup pada hari Senin, Minggu, dan Libur Nasional.

Untuk sampai ke museum ini dapat ditempuh sekitar 10 menit dari Stasiun Bogor. Gratis untuk biaya masuk ke museum. Khusus kelompok/rombongan dapat reservasi berdasarkan informasi dari akun instagram @museum.tanah dan pertanian

  1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam dan Indonesia (Munasain) merupakan Museum yang memiliki koleksi lengkap tentang sejarah alam Indonesia yang meliputi kekayaan ekosistem dan sumber daya hayati. Lebih dari 2000 nomor koleksi yang mencakup artefak tumbuhan dan alat perlengkapan masyarakat dari sabang sampai merauke.

Menampilkan modifikasi dan persebaran tanaman budidaya, sejarah geologi, geografi, biogeografi Indonesia, evolusi kehidupan manusia, dan diversitas kehidupan biota.

Selain itu, Munasain juga memamerkan profilnya dan relief evolusi tumbuhan di Indonesia, yang mencerminkan adaptasi terhadap perubahan kondisi daratan sepanjang sejarah evolusi.

Berlokasi di Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Jl. Ir. H. Juanda No.22 – 24, RT.02/RW.08, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai ke museum ini dapat ditempuh sekitar 10 menit dari Stasiun Bogor.

Jam operasional Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Tarif hari senin-jumat Rp. 15.000 per orang sedangkan hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional Rp 25.000 per orang.

Editor: Alpin

Penulis: PKL/ Muhammad Syahid Abdillah