25 radar bogor

Rumah di Bogor Selatan Ini Menggantung Imbas Longsor, Satu Keluarga Mengungsi

Rumah Longsor
Kondisi rumah warga di Kampung Kutajaya, RT 001/RW 001, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang menggantung akibat longsor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu keluarga di Kampung Kutajaya, RT 001/RW 001, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor harus mengungsi.

Baca Juga : Longsor di Bogor, Rumah Warga Kampung Gunung Batu Ambruk

Hal itu terjadi karena rumah yang dihuni warga bernama Sujana Utama tersebut, saat ini kondisinya sudah menggantung akibat bencana tanah longsor.

Diketahui, bencana tanah longsor yang melanda kediaman Sujana Utama itu sudah terjadi sejak 2022 lalu. Kemudian, longsor susulan kembali terjadi pada Rabu, (31/1/2024).

“Tanah longsor terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi pada akhir-akhir ini, ditambah kondisi tanah yang labil akibat tergerusnya oleh mata air yang berada disekitar lokasi kejadian,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh pada Kamis (1/2/2024).

Menurut dia, tanah longsor susulan dengan panjang 10 meter dan tinggi 5 meter itu menyebabkan bagian bangunan dapur dan kamar mandi milik Sujana Utama menggantung. “Keluarga Bapak Sujana saat ini sudah mengungsi ke kediaman keluarganya,” ucap dia.

Selain itu, tanah longsor susulan juga berdampak terhadap rumah milik warga lain bernama Deni yang ada di bawahnya.

Baca Juga : Tertabrak Kereta Saat Hendak Menyebrang, Seorang Pria di Kota Bogor Meninggal Dunia

“Nah, ini kita sudah minta pihak kelurahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kepada rumah yang ada dibawahnya,” imbuh Hidayatulloh. Saat ini pihaknya sudah memberikan bantuan terpal untuk mencegah longsor susulan terjadi kembali. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep