25 radar bogor

7 Tempat Wisata Gratis di Bogor, Yuk Kepoin Lokasinya, Cocok Buat Healing Akhir Pekan

Sejumlah warga sedang bersantai di Alun-Alun Kota Bogor. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Jika kamu ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak, coba sekali-sekali healing ke beberapa lokasi wisata gratis yang ada di Bogor.

Pasalnya, di Bogor juga banyak terdapat destinasi gratis yang tidak kalah indahnya. Kamu bisa nongkrong sembari menikmati sejuknya suasana Bogor di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman.

Buat kamu yang penasaran, berikut beberapa lokasi wisata gratis dan hits yang ada di Bogor:

  1. Lapangan Sempur

Lapangan Sempur, terletak di seputar Kebun Raya Bogor, tepatnya di sisi bagian utara setelah Jalan Raya Si Jalak Harupat, Kota Bogor. Posisi lanskap lapangan ini lebih rendah dari Jalan Raya Si Jalak Harupat.

Baca Juga: Tempat Wisata Hits dan Populer di Bogor, Mulai Wisata Alam Hingga Wisata Budaya

Lokasinya sangat stragetis, sehingga jika sedang diadakan event-event tertentu akan sangat terlihat jelas dari atas jalan. Nama lapangan ini berasal dari nama sejenis tumbuhan, sempur.

Lapangan Sempur, menjadi tempat paporit warga Bogor untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan. Kamu bisa sembari olahraga dengan mengelilingi Lapangan Sempur, Kota Bogor.

  1. Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Bogor merupakan salah satu taman kota yang terletak di pusat Kota Bogor, tepatnya tidak jauh dari Stasiun Bogor. Alun-alun ini memiliki beragam fungsi dan makna dalam kehidupan masyarakat Kota Bogor.

Baca Juga: Siswi di Klapanunggal Bogor Diduga Jadi Korban Tindakan Menyimpang oleh Oknum Guru SD

Alun-alun Kota Bogor ini merupakan tempat berbagai aktivitas sosial, budaya, dan rekreasi. Alun-Alun Kota Bogor diresmikan Pemerintah Kota Bogor pada Jumat, 17 Desember 2021.

Peresmian dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya. Alun-alun ini pun menjadi ikon wisata baru dan gratis di Kota Bogor.

Dulunya, Alun-Alun Kota Bogor ini merupakan tempat nongkrong noni-noni Belanda yang eksis pada tahun 1890-1948. Kini, kondisi alun-alun sudah sangat cantik dan tertata dengan rapi.

  1. Taman Heulang

Taman Heulang menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan ketika jalan-jalan ke Kota Bogor. Sembari bersantai, kamu juga bisa menikmati beragam kuliner yang dijajakan di dekat Taman Heulang.

Taman Heulang merupakan tempat wisata murah meriah di Kota Bogor. Beberapa tahun lalu, taman ini merupakan sebuah area yang digunakan untuk lapangan sepak bola. Namun, Pemerintah Kota Bogor memutuskan mempercantiknya dan menjadikannya sebagai tempat rekreasi menyenangkan.

Taman Heulang ini memiliki fungsi sebagai ruang terbuka hijau, dengan penataan yang lebih cantik. Kelengkapan fasilitas serta ukurannya yang luas mencapai lebih dari 28 ribu meter persegi.

Tempat ini sangat populer dikalangan remaja Kota Bogor. Taman Heulang ini berlokasi di Jl. Heulang, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

  1. Taman Kencana Bogor

Salah satu taman Kota Bogor, yang juga wajib kamu kunjungi sebagai tempat refreshing akhir pekan, yakni Taman Kencana. Suasana asri dan sejuk pastinya akan kamu rasakan saat berada di taman ini.

Lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor dan Taman Sempur dan pastinya mudah untuk diakses. Lokasi ini bisa kamu akses dengan kendaraan sendiri maupun menggunakan angkutan umum.

Untuk bisa menikmati keasrian dan semua fasilitas yang ada di taman ini kamu tidak perlu dikenakan biaya masuk alias gratis. Kamu bisa bersantai sepuasnya bareng teman atau keluarga.

  1. Taman Air Mancur

Dengan panorama indah dan bisa jadi spot foto yang instagramable, Taman Air Mancur juga jadi salah satu tempat pilihan untuk kamu refreshing. Terutama saat malam mingguan.

Tempat ini biasanya sudah ramai dari sore hari tepatnya jam 4 sore sampai jam 8 malam. Jadi kalau kamu ingin suasana yang tidak begitu ramai, bisa datang ke taman ini dari pagi hari.

Untuk masuk ke area taman ini gratis, dan fasilitasnya pun cukup lengkap. Untuk area parkir juga luas dan pastinya mudah untuk diakses juga dengan kendaraan umum. Taman Air Mancur ini sudah dikenal oleh masyarakat Bogor, jadi kamu bisa tanyakan warga sekitar untuk akses jalan ke Taman ini.

  1. Situ Cibinong

Keberadaan danau atau Situ Cibinong Plaza menjadi alternatif wisata baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berada di Jalan Raya Tegar Beriman, Situ Cibinong Plaza menjadi daya tarik tersendiri setelah pemerintah daerah mencanangkan situ itu menjadi ruang publik.

Setelah didirikan taman dengan berbagai sarana dan fasilitas penunjang, Situ Cibinong Plaza makin dikenal masyarakat. Lokasi ini pun menjadi tempat wisata gratis dan banyak dikunjungi masyarakat, bukan hanya Bogor, tapi juga luar Bogor.

  1. Situ Cikaret

Jika kamu berada di Cibinong dan sekitarnya, jangan lupa mampir sejenak untuk menikmati suasana sejuk di Situ Cikaret. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Cibinong dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Kabupaten Bogor.

Letak Situ Cikaret ini berada di pinggir jalan komplek tegar beriman, sehingga sangat mudah diakses dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi, baik roda empat atau roda dua.

Ketika berkunjung ke Situ Cikaret, kamu tidak dipungut biaya alias gratis. Lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya. Kamu bisa beristirahat sejenak dengan menikmati birunya air Situ Cikaret. (***)

Editor: Alpin