25 radar bogor

KPPS Leuwiliang Tak Terima Uang Transport Saat Pelantikan, KPU Lakukan Pendalaman

Ilustrasi KPPS Leuwiliang tak dapat uang transport
Ilustrasi KPPS Leuwiliang tak dapat uang transport

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, KPU Kabupaten Bogor bakal mendalami kasus anggota KPPS di Kecamatan Leuliwiang, Kabupaten Bogor tak terima uang trasportasi saat pelantikan.

Baca Juga : Anggota KPPS Mengeluh Dapat Transport Rp25 Ribu, Begini Kata PPK Tajurhalang

Sekretaris KPU Kabupaten Bogor Azhar Hidayatullah mengatakan pihaknya akan mendalami dugaan kasus tersebut. Kata dia, untuk kegiatan KPPS saat pelantikan atau bimtek yang diselenggarakan KPPS mendapatkan uang transport Rp25 ribu. Itu sudah disesuaikan di setiap PPS desa. Nominal tersebut mengacu pada Keputusan Bupati tentang (SHT) Standar Harga Tertinggi.

“Kalau ada yang kurang di Rp25 ribu atau tidak ada yang menyampaikan, kami akan tertibkan,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (1/2/2024).

Diberitakan sebelumnya, Anggota KPPS di Kecamatan Leuliwiang, Kabupaten Bogor harus gigit jari saat mereka dilantik.

Mereka tidak mendapatkan uang transportasi sepeserpun saat pelantikan di GOR Fairuz, Kecamatan Leuwiliang pada 25 januari 2024. Kabar tersebut pun ramai jadi perbincangan di kalangan anggota KPPS di wilayah barat Babupaten Bogor.

Dikonfirmasi, Camat Leuliwiang, Pelitawan menuturkan, dari informasi yang didapat dari PPK Kecamatan Leuliwiang, memang tidak ada uang transportasi saat pelantikan KPPS di Kecamatan leuwiliang.

Kata dia, uang transportasi bagi anggota KPPS hanya ada saat kegiatan bimtek. Setiap KPPS mendapatkan Rp25 ribu.

“Uang transportasi itu ada pada saat bimtek Rp25 ribu per orang. Karena yang dianggarkan itu uang transportasi bimtek,” paparnya.

Baca Juga : Ramai Anggota KPPS Kaya Raya Gaji Jutaan, Berbeda Nasib di Leuwiliang Bogor, Mereka Malah Gigit Jari Tak Dapat Uang

Adapun informasi perihal tidak adanya uang rrasportasi saat pelantikan itu ia dapat dari PPK kecamatan Leuwiliang. “Barusan saya koordinasi ke PPK dulu untuk memastikan, takut salah jawab,” tuturnya.

Sementara itu untuk jumlah KPPS di kecamatan Leuliwiang, sebanyak 2.814 orang. “Mereka tersebar di 402 TPS yang ada di Leuliwiang,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep