25 radar bogor

Kantor Pemkot Bogor yang Baru Bakal Dilengkapi Mall, Hotel, GOR hingga RS

Kantor Pemkot Bogor
Lokasi pembangunan Kantor pemerintahan Kota Bogor yang baru di kawasan Katulampa, Bogor Timur. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Megahnya rencana Kantor Pemkot Bogor baru yang bakal dibangun di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, membuka harapan bagi warga setempat.

Baca Juga : Pembangunan Kantor Pemkot Bogor yang Baru Dimulai Tahun Depan, 2028 Pindah

Kawasan yang dicanangkan akan dilengkapi banyak fasilitas seperti Rumah Sakit (RS) Internasional, Sekolah, Perumahan, Hotel, Universitas, GOR, Masjid hingga pusat komersil itu, diharapkan bisa membuka banyak lapangan pekerjaan baru.

Hal itu diutarakan Camat Bogor Timur, Feby Darmawan di acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur yang berlangsung di lahan bakal Kantor Pemkot Bogor yang baru pada Rabu (31/1/2024).

Di kesempatan itu, Feby mengutarakan keinginannya agar Kantor Pemkot Bogor yang baru dapat dinikmati oleh masyarakat setempat. Ia ingin warganya bisa menikmati sarana prasarana yang akan turut terbangun di kawasan itu.

“Dilihat dari grand desainnya, ke depan di dalam area ini akan terbangun berbagai fasilitas dari PT Sejahtera Eka Graha (SEG) (pihak swasta yang akan mengembangkan Kantor Pemerintahan baru). Ada RS, sekolah, kampus, mall, masjid, lapangan. Harapannya masyarakat Kecamatan Bogor Timur bisa ikut menikmati sarana prasarana yang terbangun,” ucapnya.

Feby juga menyampaikan, dirinya mewakili warga Kampung Cikeas dan Kampung Pasir Angin yang tinggal di sekitar lokasi megaproyek itu berharap terbukanya lapangan pekerjaan baru dari pembangunan tersebut.

Ia ingin warga Kelurahan Katulampa dan Kecamatan Bogor Timur bisa turut mendapat manfaat dengan banyaknya lapangan pekerjaan baru yang akan terbuka di sana.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan megaproyek pemindahan Kantor Pemkot Bogor ini akan dimulai tahun depan. Ia menargetkan pembangunan Kantor Pemerintahan Kota Bogor baru selesai dalam 2-3 tahun.

“Saya usulkan bisa dialokasikan multiyear saja, nyicil. Karena kalau sekaligus akan berat. Selama 3 tahun bisa berkembang bertahap di sini. Tahun ini DED-nya Rp1,7 miliar. Mudah-mudahan DPRD bisa menyepakati,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Baca Juga : Optimistis Kantor Pemkot Bogor Terwujud Dalam 3 Tahun, Bima : Jangan Salah Pilih Wali Kota

Dirinya menerangkan, pembangunan kantor pemerintahan baru ini sebagian besar akan didanai oleh pihak swasta melalui kolaborasi. Sebab ia menilai megaproyek ini membutuhkan biaya yang besar sehingga tidak bisa mengandalkam APBD ataupun bergantung pada bantuan Pemerintah Pusat. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep