25 radar bogor

Dynasty Coin, Karya Anak Negeri Simbol Kebangkitan Nusantara

KPA Nicholas Nyoto Prasetyo Dononagoro.

JATENG-RADAR BOGOR, Penghujung tahun 2023 kemarin menjadi akhir tahun yang manis bagi seorang KPA Nicholas Nyoto Prasetyo Dononagoro atau yang lebih akrab disapa dengan Nicho.

Dari sekian banyak perusahaan yang dia dirikan, salah satu produk yang merupakan wujud nyata dari impiannya adalah lahirnya Dynasty Coin.

Dynasty Coin (DNY) sendiri adalah salah satu produk mata uang digital (cryptocurrency) karya anak negeri yang memiliki system blockchain-nya sendiri.

Coin ini lahir dari sebuah visi dan impian besar seorang Nicho yaitu ingin mengembalikan kejayaan Nusantara yang dahulu kala melalui peradabannya di era Majapahit mampu menguasai dan mempengaruhi tiga perempat dunia. Inilah yang selalu menjadi kerinduannya selama ini.

Nicho memang seseorang yang bila dirunut silsilahnya masih keturunan Raja. Gelar KPA (Kanjeng Pangeran Arya) yang melekat di depan namanya sangat berdampak terhadap pemikiran-pemikirannya tentang nusantara terutama yang masih berkaitan dengan seni dan budaya bangsa.

Demikian juga karena dia melihat banyak kerajaan-kerajaan di negeri ini yang dulunya jaya dan sumbangsihnya sangat besar terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, pun juga saat awal negara ini berdiri, saat ini kehilangan ruh dan auranya serta tidak jarang kurang mendapatkan penghargaan dan perhatian. Maka dia ingin memperjuangkan keberadaan dan kebudayaan dari kerajaan-kerajaan di tanah air untuk lebih muncul lagi peranannya di negeri tercinta ini.

Sesuai dengan Namanya, Dynasty Coin memang diciptakan secara khusus untuk dikonsentrasikan dalam rangka menghubungkan kerajaan-kerajaan di dunia pada umumnya, dan secara khusus seluruh kerajaan di bumi nusantara ini.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pun ikut memberikan apresiasi dan ucapan selamat melalui sebuah rekaman video. Tentu hal ini merupakan sambutan pemerintah terhadap hadirnya Dynasty Coin tersebut.

Bahkan di sisi lain, Gusti Kanjeng Ratu Pakubuwono XIII mewakili Sinuwun Pakoebuwono XIII menyampaikan bahwa Dynasty Coin adalah coin resmi yang diluncurkan oleh keturunan raja-raja Mataram dan didukung oleh raja-raja nusantara.

Melalui Dynasty Coin yang saat ini sudah bisa diperdagangkan di beberapa bursa perdagangan coin crypto internasional, dan coin ini dikerjakan secara serius dengan jaringan blockchain nya sendiri dan didukung dengan proyek-proyek riil.

Nicho berharap bahwa keuntungan dari perdagangan asset digital tersebut dapat sebagian digunakan untuk merevitalisasi keraton-keraton, merenovasi apabila ada bangunan-bangunan di area kompleks keraton yang rusak, dan sedikit membantu operasional dari keraton tersebut.

Ini dilakukan karena Nicho melihat bahwa peran negara masih cukup minim dalam memperhatikan keadaan dan kondisi dari keraton-keraton tersebut yang dahulu sangat berjasa bagi negeri ini.

Kerajaan-kerajaan di nusantara tidak bisa dipungkiri bahwa sebelum negara Indonesia berdiri, mereka lah yang menjadi penjaga tanah air. Melihat hal itu, Nicho saat ini sudah menjalin berbagai Kerjasama dengan beberapa keraton salah satunya adalah Puri Agung Klungkung, Bali.

Nicho pada bulan Agustus tahun 2023 lalu memulai kunjungan pertamanya bertemu dengan Raja Klungkung yaitu Ida Dalem Semaraputra, dan Nicho mengutarakan impiannya tersebut melalui Dynasty Coin.

Gayung bersambut dan Raja Klungkung menyambut baik hal tersebut diikuti oleh beberapa kerabat dari puri-puri kabupaten lain di Bali. Awal Januari 2024 ini juga dibukanya dengan kunjungan ke keraton Sumedang di Jawa Barat.

Di sana Nicho juga kembali menyampaikan visi besarnya dan kembali mendapat sambutan hangat dari pihak keraton Sumedang. Kedepan, Nicho ingin sekali bertemu dengan raja-raja di seluruh nusantara, untuk memberikan sumbangsih nyata terhadap keberadaan mereka.

Dynasty Coin hanyalah sarana yang saat ini bisa digunakan untuk memulai langkah dalam membesarkan kembali peran dan keberadaan seluruh keraton nusantara, namun mimpi besar untuk membangkitkan pengaruh nusantara yang jaya seperti pada masa lampau, sudah memasuki awal pergerakannya.

Dengan pengalaman yang telah teruji dan terbukti selama lebih dari 15 tahun sebagai konsultan keuangan dan metafisika dan memiliki lebih dari 39 perusahaan di berbagai bidang, Nicho merasa tidak bisa berpangku tangan melihat negeri ini terutama keraton-keraton berikut keluarga kerajaan yang saat ini masih tersisa di bumi nusantara untuk tenggelam ditelan peradaban asing.

Indonesia sangat kaya akan kebudayaan, dan keraton merupakan salah satu symbol kejayaan peradaban dan kebudayaan yang kita miliki, dan itu adalah bukti sejarah bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang harus dikembalikan martabat dan kejayaannya.

Dari segi kecukupan hidup, Nicho sebenarnya tidak harus memikirkan hal itu. Namun, dia selalu menekankan bahwa melalui kelimpahan yang dia dan kita semua terima, kita harus menjadi saluran berkat bagi sesama dan juga negeri ini, salah satunya adalah dengan cara berkontribusi melalui apa yang bisa kita perbuat.

Kebetulan memang Nicho sangat piawai di bidang ekonomi yang telah terbukti melalui perusahaan dan koperasi yang dia dirikan telah mampu mengubah kehidupan banyak orang yang datang kepadanya. Kehidupan yang awalnya penuh dengan air mata telah dia ubah menjadi mata air kebahagiaan.

Kecintaan seorang Nicho terhadap budaya dan tanah air memang luar biasa. Hampir semua perusahaan yang dia pimpin mengandung nama Nusantara. Ini adalah wujud dari visi besarnya untuk suatu hari dapat membangkitkan kejayaan nusantara dan mengumpulkan orang-orang yang memiliki visi besar yang sama. (*)

Editor : Yosep