25 radar bogor

Deklarasi Pemilu Damai, Sekda Kabupaten Bogor Ajak Ormas dan LSM Jadi Garda Terdepan Penjaga Persatuan

Sekda Kabupaten Bogor meminta ormas dan LSM untuk menjaga kondusifitas kegiatan pemilu pada Februari mendatang, agar berjalan lancar. Tidak ada konflik.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mengajak jajaran organisasi masyarakat (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Bogor, menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan. Hal ini menurutnya perlu sebagai upaya mensukseskan Pemilu 2024.

“Kabupaten Bogor akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah bangsa Indonesia. Maka yang namanya pesta harus gembira, guyub, dan akur,” katanya di deklarasi damai Pemilu oleh Forum Pembauran Kebangsaan, di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Cibinong, Kamis (1/2/2024).

Baca juga: Baru Seumur Jagung, Jembatan Cidangdeur di Kabupaten Bogor yang Habiskan Duit Rakyat Rp1,5 Milyar Kini Sudah Amblas Lagi

Burhanudin menjelaskan, suksesnya pelaksanaan Pemilu, termasuk di Kabupaten Bogor, dilihat dari dua hal. Pertama, Pemilu berlangsung lancar, aman dan damai, serta situasi masyarakat kondusif. Kedua, masyarakat yang memiliki hak pilih berpartisipasi menggunakan hak suaranya.

Dia juga menambahkan, deklarasi damai ini menjadi penting karena mencerminkan komitmen serta tekad untuk bersama-sama menjaga kondusifitas, agar Pemilu 2024 dapat berlangsung sukses, lancar, aman, damai, berkualitas dan berintegritas.

“Saya mengajak kepada kita semua, mari kita terus jaga kondusifitas, hati-hati terhadap hoaks, hindari unsur sara dan konflik sekecil apapun, patuhi semua ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait Pemilu 2024. Ingat, pilihan politik boleh beda, tapi persatuan dan kesatuan bangsa harus terus kita jaga,” tandas Burhanudin.

Baca juga: Ratusan Kepala SMP se-Kabupaten Bogor Dilatih Managerial dan Leadership

Selain itu, dia juga menghimbau kepada seluruh jajaran LSM dan ormas di Kabupaten Bogor, agar terus mengingatkan, mendorong, mengedukasi dan mengajak warga masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk berpartisipasi memberikan hak suara pada Pemilu tahun 2024.

“Hak pilih merupakan hak konstitusional kita sebagai warga negara. Mari warga Kabupaten Bogor gunakan hak pilih kita untuk memilih para pemimpin negeri ini, karena setiap suara kita akan menentukan masa depan bangsa,” imbaunya. (cr1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari