25 radar bogor

Anggota DPRD Jawa Barat Arsyanti Rozana Ajak Masyarakat Bogor Lestarikan Budaya, Agar Tak Digerus Zaman

Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Arsyanti Rozana mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga warisan budaya Indonesia, khususnya Jabar. Fikri/Radar Bogor

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Arsyanti Rozana mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga warisan budaya Indonesia, khususnya Jabar. Sebab saat ini warisan budaya bisa hilang digerus modernisasi.

“Jadi kita melibatkan masyarakat khususnya Jawa Barat untuk ikut serta dalam mengolah kebudayaan. Karena tidak akan mungkin hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk itu,” katanya di acara Sosialisasi Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, di Bigland Hotel Sentul, Kamis (1/1/2024).

Baca juga: Mudah dan Nyaman, Pelanggan Home Charging PLN di Jawa Barat Naik 173,17%

Menurutnya, budaya Jawa Barat itu memiliki keindahan tersendiri namun sayangnya masyarakat masih banyak yang belum tertarik. Apalagi saat ini mayoritas penduduk adalah generasi muda yang cenderung tertarik dengan budaya luar.

“Jadi ada peran serta para ibu dan bapak untuk bisa mendidik anaknya dengan baik. Bagaimana memberikan pengetahuan kepada mereka dan mengatakan ini loh budaya kita yang bagus sekali,” ungkapnya di hadapan ratusan peserta yang hadir.

Ia menerangkan, harusnya masyarakat Indonesia bangga dengan budaya lokal sebabtidak semua negara lain ada. Ia menyebut sudah berkeliling negara namun tidak ada yang kebudayaannya sebagus Indonesia.

“Oleh karena itu saya juga berharap ini bisa menjadi sesuatu yang ibu dan bapak sekalian bisa mengetahui. Tentu saja budaya Indonesia. Bagaimana kita sama kerja sama dengan baik, merawat. Dan mengolah kebudayaan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Ary Heriyanto selaku penyelenggara kegiatan menjelaskan, saat ini budaya seni lokal yang sering muncul di hajatan juga ikut terkikis oleh alat musik modern seperti organ tunggal. Anak muda saat ini pun cepat bosan dengan cerita wayang yang biasanya memiliki durasi panjang.

“Sehingga budaya lokal harus diperbaharui dan disesuaikan dengan jaman sekarang,” sebutnya.

Baca juga: Kinerja Positif APBN 2023 Tetap Menjaga Momentum Pemulihan serta Memperbaiki Pemerataan dan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat

Dia berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam membuat kegiatan kebudayaan bisa semakin baik. Dia pun meminta DPRD Jawa Barat untuk menambah anggaran dalam upaya pengelolaan kebudayaan yang berkelanjutan

“Harapan untuk komisi 5 untuk menambah anggaran di bidang kebudayaan sebagai upaya mengoptimalkan budaya di Jawa Barat,” harapannya. (cr1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari