25 radar bogor

Tujuh Rumah Rusak Akibat Hujan dan Angin Kencang

t Tujuh rumah di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, roboh akibat hujan angin yang terjadi hampir sepanjang hari. (sumber: jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak tujuh rumah di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, mengalami keruntuhan akibat hujan angin yang terjadi hampir sepanjang hari. Peristiwa tersebut dilaporkan terjadi pada dini hari Minggu (28/1) dan pagi Selasa (30/1).

Baca Juga: Bawaslu Diminta Periksa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Soal Pose 2 Jari dari Mobil Kepresidenan

Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Mohamad Yohan, menyatakan bahwa lima rumah awalnya mengalami keruntuhan pada Minggu (28/1). Kemudian, dua rumah lainnya mengalami keruntuhan pada Selasa (30).

Yohan menjelaskan bahwa keruntuhan rumah disebabkan oleh kondisi struktur bangunan yang sudah lapuk, ditambah dengan intensitas hujan dan angin yang tinggi selama kejadian.

“Konstruksi bangunan sudah lapuk dan hujan disertai angin,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (30/1).

Baca Juga: Pengamat: Kode Keras Jokowi Terafiliasi ke PSI

Namun demikian, Yohan memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian keruntuhan rumah tersebut.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa sebanyak delapan keluarga dengan 27 jiwa terdampak. Lima keluarga dan 20 jiwa terdampak pada kejadian pertama, sementara tiga keluarga dan tujuh jiwa terdampak pada kejadian keruntuhan rumah hari ini.

Yohan menyatakan bahwa pihaknya sudah berada di lokasi dan sedang melakukan penanganan terhadap warga yang terdampak.

“Penanganan sedang dilakukan oleh 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit Sudinsos, 1 Unit Satpol PP, 1 Unit PPSU, Personil Kelurahan,” tegasnya.

Kerugian yang dialami oleh warga akibat kejadian ini diperkirakan mencapai total Rp 180 juta.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep