25 radar bogor

Mau Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri? Ini Tipsnya dari Umi Kirana

Seminar Beasiswa
Dr. Hj. Rini Pura Kirana, M.Eng. atau yang lebih sering dipanggil Umi Kirana memberi motivasi, berbagi tips dan menjelaskan kiat sukses mendapat beasiswa dan kuliah di luar negeri pada acara Seminar Pendidikan “Peluang Kuliah dengan Beasiswa di Luar Negeri’ hari Sabtu, 27 Januari 2024.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dr. Hj. Rini Pura Kirana, M.Eng. atau yang lebih sering dipanggil Umi Kirana memberi motivasi, berbagi tips dan menjelaskan kiat sukses mendapat beasiswa dan kuliah di luar negeri pada acara Seminar Pendidikan “Peluang Kuliah dengan Beasiswa di Luar Negeri’ hari Sabtu, 27 Januari 2024.

Baca Juga : Gelar Kajian Bulanan, Puluhan Mahasiswa Penerima Program Beasiswa 1.000 Da’i Dapat Edukasi Soal Literasi Media

Ya, kuliah di universitas terbaik adalah impian bagi setiap calon mahasiswa, apalagi universitas di luar negeri dengan memperoleh beasiswa. Tapi bagi sebagian orang, sudah patah arang sebelum merencanakan bahkan memimpikannya, karena menganggap kuliah di luar negeri adalah sesuatu yang mustahil, ketinggian, mahal, susah, tidak akan mampu dan berbagai anggapan pesimis lainnya.

Seminar Pendidikan yang dilaksanakan di Aula Gedung Amanah Sekolah Quran Asy Syahid, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor ini diikuti lebih dari 150 pelajar dan mahasiswa, khususnya dari wilayah kabupaten Bogor dan sekitarnya yang ingin mendapatkan informasi penting mengenai cara mendapat beasiswa dan kuliah di luar negeri.

Umi Kirana, Pendiri Sekolah Quran Asy Syahid merupakan penerima beasiswa MEXT dan telah menyelesaikan pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang. Suami dan ketiga anaknyapun merupakan penerima beasiswa dan kuliah di luar negeri.

“Untuk meniti dan meraih cita-cita dengan mendapat beasiswa kuliah di luar negeri perlu kesungguhan dan kegigihan. Membuat perencanaan bagaimana mencapai tujuan, jangan pernah menyerah dan takut gagal,” ujarnya.

Seminar Pendidikan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini juga diisi oleh Zhafira Aqyla, BA., M.Ed, penerima beasiswa dan telah menyelesaikan pendidikan S1 di Osaka University, Jepang dan S2 di Harvard University, Amerika Serikat.

Dr. Hj. Rini Pura Kirana, M.Eng.

Putri kedua Umi Kirana ini menuturkan bahwa dibalik keberhasilan sekarang tidak terlepas perjuangan dan usaha yang maksimal. Dia menceritakan bagaimana ketika dua kali ditolak untuk kuliah S2 di Oxford University. “Ketika ditolak, perasaan sedih ada tapi tidak down dan tetap positif thinking. Mungkin gak bisa S2 Oxford, tapi Insya Allah S3 bisa di sana.” Imbuhnya.

Syahril M Nurdin, Dipl.-Ing, Co-Founder dari Genesia International Academy, yang juga sebagai penerima beasiswa dan telah menyelesaikan pendidikan Mechanical Engineering, University of Applied Sciences Karlsruhe, Jerman berbagi pengalaman dan menyampaikan kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri terutama di benua Eropa.

Donny Putra, S.E., M.M., CT, CNNLP yang merupakan Senior Overseas Study Consultant Consultant Genesia melengkapi pemaparan mengenai peluang-peluang beasiswa di luar negeri termasuk di Timur Tengah seperti di Mesir ataupun negara lainnya.

Baca Juga : Beasiswa LPDP 2024 Dibuka, Berikut Jadwal dan Syaratnya!

Kegiatan yang di pandu Fauzi Rahmat Nugraha, atau yang dikenal kang Ozi, salah satu guru Sekolah Quran Asy Syahid berjalan dengan penuh antusias dari pagi hingga sesi tanya jawab di penghujung acara. “Alhamdulillah acaranya keren dan inspiratif sekali, senangnya dapat info S2 jugaa. Materinya sangat rinci dan bermanfaat ❤️,” ujar Fatimah salah satu mahasiswa yang sekarang sedang kuliah S1 di Jakarta. (*)

Editor : Yosep