25 radar bogor

Kemenkes Ungkap Batas Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak: Rahasia Pola Makan Sehat untuk Kulit Awet Muda

ilustrasi (pixabay)

RADAR BOGOR, Mempraktikkan pola makan yang sehat setiap hari dengan batas konsumsi gula,garam dan lemak diyakini tidak hanya menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit, tetapi juga menjadi kunci untuk merawat kulit agar tetap muda.

Diketahui bahwa makanan dengan tingkat gula, garam, dan lemak yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan dan penurunan fungsi tubuh.

Untuk mencegah hal ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan agar masyarakat membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak setiap harinya. Lalu, berapa batasan minimal konsumsi ketiga zat tersebut?

Baca Juga: Waspada! Golongan Darah AB Rentan Terhadap Ancaman Penyakit Ini

Menurut Kemenkes RI dan WHO, berikut adalah batas sehat konsumsi gula, garam, dan lemak:

  1. Gula, Kemenkes RI merekomendasikan agar konsumsi gula tidak melebihi 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari. Mengonsumsi gula dalam batas yang ditetapkan membantu mencegah kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat.
  2. Garam, Kemenkes menyarankan agar konsumsi garam tidak melebihi 5 gram atau 1 sendok teh per hari. Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan lainnya.
  3. Lemak, Kemenkes merekomendasikan agar konsumsi lemak tidak melebihi 67 gram atau sekitar satu sendok makan minyak per hari. Mengurangi lemak jenuh dan trans serta memilih lemak tak jenuh seperti ikan dan minyak zaitun dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak sehat dan risiko penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes.

Dengan mengubah pola makan, batas konsumsi gula, garam, lemak dan cara memasak, serta memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan segar, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan kulit agar tetap segar dan awet muda.(jpg/salsa-pkl)

editor: Yosep