25 radar bogor

Berikut Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di DKI Jakarta

Ilustrasi SIM Keliling
Ilustrasi SIM Keliling

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ditlantas Polda Metro Jaya menyelenggarakan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling di lima lokasi di DKI Jakarta hari ini, Selasa (30/1). Layanan ini ditujukan bagi warga yang hendak memperpanjang masa berlaku SIM yang berakhir setiap lima tahun.

Baca Juga: Bawaslu Diminta Periksa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Soal Pose 2 Jari dari Mobil Kepresidenan

TMC Polda Metro Jaya mengumumkan melalui Instagram resminya bahwa layanan SIM Keliling di DKI Jakarta beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Berikut adalah lokasi layanan SIM Keliling di lima wilayah DKI Jakarta:

Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
Jakarta Utara: LTC Glodok
Jakarta Barat: Mall Citraland
Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan ini diharapkan menyiapkan persyaratan yang diperlukan dan membayar biaya administrasi sebelum datang ke lokasi perpanjangan SIM.

Baca Juga: Pengamat: Kode Keras Jokowi Terafiliasi ke PSI

Persyaratan yang harus disiapkan meliputi fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM aslinya, bukti cek kesehatan, serta bukti tes psikologi.

Layanan mobil SIM keliling ini hanya berlaku untuk perpanjangan SIM yang masih berlaku, khususnya untuk golongan tertentu, yaitu SIM A dan SIM C. Bagi SIM yang telah habis masa berlakunya, pemilik SIM diharuskan membuat permohonan SIM baru di tempat yang ditentukan oleh kepolisian.

Biaya perpanjangan SIM, sesuai dengan Peraturan Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Layanan SIM Keliling tidak dapat digunakan untuk perpanjangan masa berlaku SIM B, karena dokumen tersebut harus diperpanjang di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) karena perbedaan peruntukan dokumen, khususnya untuk kendaraan dengan berat lebih dari 3,5 ton.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep