25 radar bogor

Berada di Lereng Gunung Salak, Yuk Jajal Keindahan Curug Paling Hits dan Populer di Bogor

Curug Nangka yang berlokasi di lereng Gunung Salak, tepatnya di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Foto IG

BOGOR-RADAR BOGOR, Siapa yang tidak kenal dengan destinasi wisata air terjun di Kabupaten Bogor satu ini, yakni Curug Nangka. Sebab, Curug Nangka ini merupakan destinasi wisata alam populer di Bogor.

Curug Nangka ini berlokasi di lereng Gunung Salak, tepatnya di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Adapun jarak tempuh normal dari pusat Kota Bogor adalah sekitar satu jam perjalanan.

Sesuai namanya, objek utama dari kawasan wisata Curug Nangka ini adalah air terjun. Nama Curug Nangka ini, konon ceritanya berasal dari pepohonan nangka yang dulu berada di sekitar area.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024, RSUD Leuwiliang Siap Berkolaborasi dengan Semua Pihak

Buah nangka yang berada di sekitar Curug Nangka tidak pernah habis. Makanya, warga setempat menyebutnya Curug Nangka. Air terjun Curug Nangka ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Air terjun Curug Nangka ini selalu mengalir dan tidak pernah habis kendati musim kemarau. Sekitar 1 KM dari Curug Nangka terdapat dua ir terjun lain, yakni Curug Kawung dan Curug Daun.

Namun debit air kedua curug ini lebih kecil. Air terjunnya yang lebih kecil membuat kedua curug ini tidak sepopuler Curug Nangka.

Curug Nangka ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga sangat cocok dikunjungi bagi yang gemar wisata berpetualang. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas wisata di Curug Nangka.

Baca Juga: Dorong Kecamatan Bogor Selatan Jadi Kawasan Destinasi Wisata Andalan, Bima Arya Bangun Komunikasi dengan Pihak Swasta

Salah satunya trekking. Ketika memasuki kawasan Curug Nangka, kamu lebih dulu disuguhi cantiknya kawasan hutan pinus yang sejuk sebelum menikmati indahnya air terjun.

Kamu harus melalui jalur menanjak dan cukup berliku untuk mencapai lokasi Curug Nangka. Kondisi jalan seperti ini jelas menjadikan trekking akan semakin seru sebelum tiba ke lokasi air terjun.

Nantinya, kamu harus berjalan di atas batuan serta melalui sungai yang menjadi satu-satunya jalur penghubung dengan Curug Nangka. Kedalaman sungai yang harus dilewati sekitar betis orang dewasa pada umumnya.

Menikmati Pesona Air Terjun dan Berenang

Lokasi Curug Nangka yang berada di tengah dua tebing dengan pepohonan rindang mengelilingi alirannya membuat semakin sejuk suasana. Air terjun Curug Nangka ini sangat jernih dan sejuk, kerena hembusan udara khas lereng gunung yang sangat menyegarkan.

Selain berfoto dan bersantai, kamu juga bisa berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun Curug Nangka. Kedalaman air kolamnya tidak terlalu mengkhawatirkan, tetapi hindari untuk mengarah ke bagian terlalu dalam mendekati air terjun.

Camping Ground di Curug Nangka

Jika kamu ingin lebih lama menikmati keindahan Curug Nangka, bisa bermalam dengan cara kemah atau camping ground. Sebab, pengelola menyediakan area berkemah di kawasan wisata alam ini.

Lokasi camping ground sendiri berada di sisi kanan dekat anak sungai Curug Nangka. Glamping alias glamour camping juga ada di sini dengan fasilitas cukup lengkap, seperti listrik, lampu, shower dan toilet duduk, serta sarapan. (***)

Editor: Alpin