25 radar bogor

BEM UI 2024 Resmi Dilantik: Tuduhan Sabotase Tidak Terbukti!

Ilustrasi.

DEPOK-RADAR BOGOR, Universitas Indonesia (UI) telah menetapkan Verrel Uziel dan Iqbal Cheisa Wiguna sebagai ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI) yang baru. Pelantikan keduanya setelah melewati proses sengketa yang kompleks, dihadiri oleh Presidium Kongres Mahasiswa yang dipimpin oleh Suci Pasca di Auditorium Pusgiwa UI, Jakarta. Ini menjadi puncak dari perjuangan selama 79 hari sejak Verrel dan Iqbal mengajukan berkas pada 8 November 2023. Dalam Pemilihan Raya (Pemira) IKM UI 2023, Verrel dan Iqbal berhasil memenangkan suara mayoritas dengan perolehan 3.270 suara (59,6 persen) dari 5.483 suara IKM UI yang berpartisipasi.

Dalam sambutannya pada pelantikan, Verrel menyampaikan harapannya agar momen tersebut menjadi tanda bersatunya IKM UI dalam menghadapi masa depan. Dia mengajak untuk mengakhiri segala bentuk perselisihan, mengingat bahwa kalah-menang adalah hal yang wajar dalam pertandingan, serta untuk kembali menyatukan semangat demi memberikan manfaat bagi IKM UI dan Indonesia. Verrel juga menekankan pentingnya kehadiran semua pihak.

Baca Juga: Berikut 5 Pemain Terbaik Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Sebelumnya, Verrel-Iqbal menghadapi diskualifikasi dari KP Pemira UI dengan tuduhan sabotase. Dalam menghadapi situasi tersebut, Verrel-Iqbal memilih untuk menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan sengketa Pemira ke Mahkamah Mahasiswa (MM). Setelah melewati proses persidangan, putusan Perkara 003/Skt.PMR-IKM.UI/I/2024/MM.UI menyatakan bahwa tuduhan sabotase terhadap Verrel-Iqbal tidak terbukti. Hal ini menegaskan bahwa keduanya terpilih secara sah dan berkekuatan hukum tetap sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2024.

Proses panjang ini juga memberikan dampak pada tim kampanye Verrel-Iqbal. Riansya, Ketua tim Verrel-Iqbal, menilai perjuangan mereka tidak sia-sia dalam menangkis tuduhan-tuduhan tanpa dasar. Riansya menegaskan komitmennya untuk melawan segala tindakan yang merugikan kepentingan IKM UI, termasuk intervensi pihak eksternal yang dinilai telah merusak iklim demokrasi di UI. (jpg/salsa-pkl)

editor: Yosep