25 radar bogor

TPS Liar Masih Marak di Kemang, Begini Kata Camat

TPS liar
Sudah dipasang plang, masih banyak warga buang sampah sembarangan di Jalan Bomang hingga jadi TPS liar. ARIFAL/RADAR BOGOR

KEMANG-RADAR BOGOR, Camat Kemang, Imam Mahmudi angkat bicara perihal banyaknya tempat pembuangan sampah atau TPS liar di wilayahnya.

Baca Juga ; Ternyata, TPS Liar Lebih Banyak Ditemukan di Kemang, Baunya Busuk!

Kata dia keberadaan sampah liar itu ulah dari oknum masyarakat yang tak sadar diri dan membuang sampah sembarangan. Padahal kata dia di setiap desa memiliki tempat pembuangan sampah sementara.

“Iya di setiap desa itu ada tempat pembuangan sampah sementara, itu ulah oknum warga,” katanya kepada Radar Bogor Selasa (30/1/2024).

Untuk mengatasi masalah TPS liar ini, imam mengaku sudah mengintruksikan seluruh kepala desa untuk berkordinasi dengan ketua RT setempat melaksanakan untuk tidak membuang sampah sembarang.

Juga melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah sampah liar yang ada di desanya masing masing. “Nanti kami akan berikan surat edaran juga,” paparnya.

Kata dia, penangan TPS liar ini harus dilakukan bersama-sama. Mulai dari masyarakat, pengurus RT, RW, Kadus, pemerintah desa, pemerintah kecamatan juga Kabupaten Bogor. “Jadi dari pemerintah jalan dari masyarakat juga jalan,” tuturnya.

Iapun mengaku sudah berkoordinasi dengan UPT DLH perihal pengangkutan sampah. Namun sebelum diangkut, ia ingin melakukan edukasi dahulu kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang. “Kalau hanya diangkut saja nanti pasti terulang lagi. Jadi kami akan edukasi warga juga,” tukansya.

Baca Juga : Sempat Viral Lalu Dibersihkan, Kini Jalan Bomang Jadi TPS Liar Lagi

Diberitakan Radar Bogor sebelumnya, banyak ditemukan TPS liar di wilayah kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Diantaranya, TPS liar itu berada di jalan Bomang (Bojonggede -kemang). Selain itu TPS liar juga terdapat di pinggir jalan raya Kemang-parung. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep