25 radar bogor

Bangga! Fashion Designer Alumni IPB Ini Usung Motif Batik Kota Bogor

Ilustrasi Fashion Designer-Motif Batik Kota Bogor

JAKARTA – RADAR BOGOR, Frida Nursanti Aulia adalah salah satu alumni lulusan dari Universitas IPB yang kini menjadi seorang fashion designer. Pasalnya, Frida sudah mengenal dunia wirausaha sejak mahasiswa.

Wanita kelahiran Bandung, 26 Maret 1997 ini memiliki passion dan bakat di bidang marketing dan bisnis yang kemudian ia salurkan dengan menjalankan bisnis fashion.

Dengan mengusung konsep motif batik Kota Bogor disertai dengan pengalaman hidupnya, Frida berhasil menjalankan bisnisnya di bawah brand fashion Frida Aulia Indonesia.

BACA JUGA: Reuni Alumni IPB Angkatan 28, Mulai dari Bagi-Bagi Beasiswa, Fashion Show, Hingga Peresmian Taman

“Saya memulai bisnis fashion berawal dari menjadi supplier utk banyak reseller hijab. Saya tidak menggunakan model khusus untuk mempromosikan produk. Namun, untuk menarik minat konsumen, saya memakai sendiri produk-produk tersebut,” tutur Teh Ida, sapaan akrabnya menceritakan awal karier bisnisnya seperti dalam keterangan resmi.

Jatuh cinta pada dunia fashion membuat dia kursus mendalami desain dan menggaet usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) batik dan penjahit di Cirebon, Jember dan Situbondo untuk membantu dalam produksi.

Saat ini ada tiga gallery yang Frida kelola.

Mulai tahun 2017 hingga 2022, Frida melawat ke Rusia, Mumbai, Turki, Berlin, Australia, Vietnam dan Brunei Darussalam untuk menggelar fashion show.

Kerja keras dalam memajukan fashion dalam dan luar negeri, berbagai prestasi dan penghargaan pun berhasil ia torehkan dan masuk dalam nominasi Anugerah Alumni IPB University 2021 kategori Pengusaha.

Baginya, IPB University adalah sekolah kehidupan.

BACA JUGA: Apresiasi Alumni Berprestasi, HA IPB Berikan 15 Kategori Penghargaan Bergengsi

Berulang kali Frida diminta mengisi di beberapa kampus, dengan harapan bisa membuka mata mahasiswa mengenai entrepreneurship dan sociopreneur.

Tak lupa ia juga membagikan trik menjadi pengusaha dan ibu rumah tangga yang sukses melewati ujian hidup serta membina hubungan baik dengan pelanggan.

Menurutnya, seorang entrepreneur mesti fokus atas usaha yang dipilih dan optimistis.

“Yakin bahwa setiap pilihan kita itu yang terbaik. Happy agar ide-ide kita itu keluar, optimis, kerja keras, confidence dan kunci paling utama adalah the power of silaturahim,” kata alumnus Sarjana Sosial Ekonomi Perikanan dan Magister Manajemen Agribisnis, Sekolah Bisnis IPB University ini. (NET/Nadira-PKL)

Editor: Yosep