25 radar bogor

Judika Bayar 15 Juta Setelah Nyanyikan Lagu Ciptaan Ahmad Dhani

JAKARTA – RADAR BOGOR, Penyanyi Judika menyanyikan dua lagu yang diciptakan oleh Ahmad Dhani dalam sebuah acara Garuda. Suami Mulan Jameela ini mendapatkan royalti sebesar Rp 15 juta sebagai lisensi langsung atas dua lagu tersebut, demikian ungkap Ahmad Dhani dalam unggahan di akun Instagramnya. Dari tangkapan layar percakapan dengan Judika melalui aplikasi pesan singkat, terlihat dengan jelas bahwa Ahmad Dhani menerima pembayaran sebesar Rp 15 juta atas dua lagu yang dinyanyikan oleh Judika.

Judika menjelaskan bahwa pembayaran tersebut bukan berasal dari uang pribadinya, melainkan dari pihak Garuda sebagai pengundang atau penyelenggara acara. “Kemarin ada ulang tahun Garuda. Dari Garuda minta, aku bilang ke Garuda ‘Mas Dhani bikin aturan gini, gini.’ Ya sudah akhirnya mereka bayar,” ujar Judika saat diwawancarai di Rawamangun, Jakarta Timur.

Baca Juga: BCL Putuskan Memulai Lembaran Baru Dengan Tiko Setelah Berusaha Move On dari Masa Lalu

Meskipun Judika mengakui bahwa dia jarang menyanyikan lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani setelah adanya aturan mengenai lisensi langsung, namun karena permintaan dari pihak Garuda, ia dengan senang hati membawakannya.

Judika menegaskan dukungannya terhadap konsep lisensi langsung yang saat ini diperjuangkan oleh Ahmad Dhani dan AKSI (Aliansi Komponis dan Pencipta Lagu Indonesia). Meski demikian, Judika berpendapat bahwa aturan tersebut perlu memiliki payung hukum yang jelas agar dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi semua pihak terkait.

“Aku juga pencipta lagu, pasti mendukung untuk semua yang terbaik. Tapi kalau aku ingin semuanya dibuat sesuai aturan. Kalaupun direct license, dibuat aturannya secara jelas,” ungkap Judika.

Baca Juga: Indah Sari Kesal Merasa Harga Dirinya Dilecehkan Oleh Dewi Perssik

Judika berharap agar ke depannya tidak ada lagi kasus pencipta lagu yang mengajukan somasi kepada penyanyi, seperti yang terjadi beberapa waktu belakangan. Dia menginginkan penerapan aturan lisensi yang adil untuk pencipta lagu, penyanyi, dan penyelenggara acara. (jpg/sonya-pkl)
Editbor: Yosep