25 radar bogor

PNS Gaji di Bawah Rp8 Juta Masuk Kategori Miskin, Berhak Dapat Zakat

PNS Gaji di Bawah Rp8 Juta Masuk Kategori Miskin, Berhak Dapat Zakat (sumtber: YouTube TASPEN)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Gaji ASN mengalami kenaikan sebesar delapan persen mulai Januari 2024, sesuai pengumuman Presiden Jokowi pada Agustus 2023. Peningkatan ini berlaku untuk anggota PNS, TNI, dan Polri, sementara pensiunan akan mendapatkan kenaikan sebesar 12 persen.

Baca Juga : Cak Imin Sebut Hilirisasi Pemerintah Sangat Ugal-ugalan

Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengidentifikasi sekitar 400 ribu ASN, termasuk PNS dan PPPK, sebagai masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Suhajar Diantoro, Sekretaris Jenderal Kemendagri, menyampaikan bahwa 10 persen PNS di Indonesia masih dianggap miskin, dengan 400 ribu di antaranya masuk dalam kategori MBR.

Dalam acara Taspen Day 2024, Suhajar Diantoro menjelaskan bahwa sebagian PNS masuk kategori MBR karena memenuhi sejumlah indikator. Pegawai negeri sipil dengan gaji golongan II, berkisar antara Rp 7-8 juta, berhak menerima zakat menurut Suhajar.

Baca Juga : Siskaeee, Tersangka Film Porno, Terkena Kontroversi Gangguan Jiwa dan Pemeriksaan Urine Negatif

PNS yang dikategorikan MBR adalah mereka yang belum menikah dengan penghasilan di bawah Rp 7 juta, dan yang sudah menikah dengan penghasilan Rp 8 juta per bulan. Suhajar Diantoro juga menggambarkan kesejahteraan PNS berdasarkan kepemilikan rumah layak huni. (jpg/sonya-pkl)
Editor : Yosep