25 radar bogor

Konflik selama 9 Tahun, Tawuran Sering Terjadi di Bassura

Insiden bentrok antara penduduk berlokasi di sekitar Underpass Pasar Gembrong, Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Jakarta Timur. (sumber: instagram @merekamjakarta)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicholas Ary Lilipaly, menyampaikan bahwa konflik antara warga Bassura, Jatinegara, Jakarta Timur, sudah berlangsung selama bertahun-tahun, menyebabkan tawuran antar-warga menjadi kejadian yang sering terjadi di wilayah tersebut, termasuk pada pagi hari Minggu (28/1).

Baca Juga: Timnas Indonesia Kandas di 16 Besar, Ini Kata Coach Shin Tae-yong

“Dari informasi yang kami peroleh, konflik ini sudah berlangsung 9 tahun yang lalu. Tawuran-tawuran seringkali terjadi,” ujarnya kepada wartawan pada Minggu (28/1).

Nicholas menjelaskan bahwa seringkali pemicu dari tawuran-tawuran tersebut adalah masalah sepele. “Hanya 5 orang yang diduga berasal dari luar wilayah ini, berjalan dengan kendaraan sambil membawa bambu dan batu. Itu menjadi pemicu untuk warga melakukan tawuran,” ungkapnya.

“Walaupun hanya satu anggota kepolisian yang terkena lemparan batu, kami bersyukur bahwa tawuran dapat segera diselesaikan,” tambah Nicholas.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Lawan Australia, Sekali Menang 32 Kebobolan

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang menunjukkan tawuran di wilayah Mal Bassura City, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, pada pagi hari Minggu (28/1). Polisi telah bergerak dan berhasil meredakan kejadian tersebut.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @jktinfo, terlihat asap mengepul di jalanan akibat petasan yang diledakkan oleh para pelaku tawuran di tengah jalan. Jalanan di sekitar Mal Bassura tampak sepi dari kendaraan, dengan para pelaku tawuran yang menguasai jalanan.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicholas Ary Lilipaly, menjelaskan bahwa warga yang terlibat dalam tawuran tersebut berasal dari RW 02 dan RW 03, dengan pemicu konflik adalah saling lempar ejekan antara anak muda dari kedua RW tersebut.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep