25 radar bogor

Banyak Perubahan, Himpunan Mahasiswa Geodesi Unpak Mutakhirkan Peta Taman Sempur

Unpak
Himpunan Mahasiswa Program Studi Geodesi Fakultas Teknik Unpak Bogor kembali menggelar program tahunannya yakni pemutakhiran peta Taman Sempur Senin (29/1/2024)

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Mahasiswa Program Studi Geodesi Fakultas Teknik Unpak Bogor kembali menggelar program tahunannya yakni pemutakhiran peta Taman Sempur pada Senin (29/1/2024).

Baca Juga : Sekolah Pascasarjana Unpak Kembali Gelar PKPA

Ketua Pelaksana, Alfrend Siagian menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk memutakhirkan (mengupdate) peta Taman Sempur sehingga sesuai dengan kondisi fisik kawasan wisata yang berlokasi di Kecamatan Bogor Tengah itu.

“Taman Sempur pernah dibuatkan peta tahun 2017. Kami merasa perlu melakukan update karena kondisi fisik taman itu jauh berbeda sekarang. Banyak perubahan yang terjadi. Misalnya perubahan bangunan menjadi lapangan mini soccer dan kebersdaan taman ekspresi,” jelasnya.

Proses pemutakhiran peta ini akan berlangsung selama 8 hari. Kegiatan yang dilakukan oleh 30 mahasiswa Geodesi Unpak semester 3-5 itu nentinya akan menghasilkan peta dan sistem informasi geografis berbentuk plang dan website yang bisa diakses oleh masyarakat.

Peta dan sistem informasi geografis itu diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat soal fasilitas, sejarah, hingga alur perizinan pemakaian Taman Sempur.

“Outputnya antara lain peta 3 dimensi, peta topografi, peta foto udara. Kami juga akan memasang plang peta ini di Lapangan Sempur saat peresmian di tanggal 27 Februari 2024 mendatang,” terang Alfrend.

Dekan Fakultas Teknik Unpak, Singgih Irianto mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya ide pemutakhiran peta taman ini sangat kreatif dan bisa amenjadi wadah implementasi ilmu pengrtahuan yang sudah diterima mahasiswa di kelas.

“Saya sarankan kegiatan ini untuk diperluas ke taman-taman lain di Kota Bogor. Misalnya di Taman Manunggal, Alun-alun, dan taman lain supaya memberikan pengabdian lebih luas,” harap dia.

Analis Kebijakan Muda Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Bungbung menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya program tersebut sangat bermanfaat bagi pihaknya.

Baca Juga : Unpak Sukses Gelar Expo Marcom Fusion, Dimeriahkan Sejumlah Guest Star

“Setiap pengembangan membutuhkan data update terkait luasan ataupun informasi geografis lainnya sebafai dasar kami mengembangkan taman taman. Jadi kami menyambut baik program ini,” ucapnya.

Senasa dengan singgih, ia berharap kegiatan serupa bisa dilakukan di taman-taman lain yang ada di Kota Bogor. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep