25 radar bogor

Pertama di Kota Bogor, Siloam Hospitals Bogor Berhasil Lakukan Tindakan Operasi BYPASS Jantung

Siloam Hospitals Bogor melakukan tindakan bypass jantung melalui teknik CABG secara perdana di Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Siloam Hospitals Bogor melakukan tindakan bypass jantung melalui teknik CABG secara perdana di Kota Bogor.

Keberhasilan tersebut juga menjadikan Siloam Hospital Bogor sebagai pioner rumah sakit yang melakukan tindakan ini di Kota Bogor pada Desember 2023 lalu.

Operasi bypass jantung merupakan prosedur bedah untuk memperbaiki aliran darah jantung yang tersumbat atau menyempit dengan membuat jalur pintas (bypass) baru menggunakan pembuluh darah dada, lengan atau kaki pasien, sehingga otot jantung mendapatkan kembali aliran darah yang baik.

Baca juga: RS Siloam Bogor Hadirkan Pusat Jantung Pertama di Kota Bogor

Pada Tindakan bypass jantung (CABG) perdana kali ini, dr. Dudy Arman Hanafy, Sp. BTKV, Subsp. JD(K), MARS dan dr. Widya Trianita Suwatri, Sp.BTKV, Subsp. JD(K) menggunakan prosedur Off-pump Coronary Artery Bypass Graft (OPCAB), yaitu prosedur bedah bypass jantung dimana jantung tetap dalam keadaan berdenyut selama operasi.

Prosedur OPCAB dilakukan tanpa menggunakan mesin bypass jantung-paru sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat penggunaan mesin ini.

Keberhasilan tindakan bypass jantung (CABG) perdana ini merupakan komitmen Tim Heart Center Siloam Hospitals Bogor dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di Kota Bogor dalam pelayanan jantung.

“Tidak hanya mencakup tindakan operasinya saja, namun proses pemulihan pasien menjadi prioritas kami sehingga Heart Center Siloam Hospitals Bogor dapat menjadi pusat preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi masyarakat yang memiliki permasalahan terkait jantung”, ungkap dokter Agus Tanjung, MHA., Direktur Siloam Hospitals Bogor, Sabtu (26/01/2024) di Bogor.

Ditambahkan Agus Tanjung, pihaknya berharap dapat menjadi rumah sakit rujukan untuk Tindakan bypass jantung (CABG) dan kasus jantung lainnya sehingga masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya tidak perlu lagi jauh-jauh mendatangi Rumah sakit di Jakarta, atau bahkan ke Luar Negeri guna melakukan tindakan bypass jantung (CABG) dan yang lainnya.

“Dengan keberadaan kami sekaligus keberhasilan operasi Tindakan bypass jantung CABG dan penanganan jantung lainnya, kami tentu selalu dalam siap siaga guna menangani permasalahan jantung dari masyarakat sekaligus memastikan jantung anda tetap berfungsi dengan optimal”, pungkas Agus Tanjung.

Berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.27, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor, Siloam Hospitals Bogor merupakan unit rumah sakit yang tergabung dalam PT Siloam International Hospitals Tbk yang memiliki jaringan rumah sakit tersebar di 26 Propinsi dengan layanan standar internasional dan telah dilengkapi dengan fasilitas Cathlab, Cardiac MRI, dan MRA (Magnetic Resonance Angiography), serta berhasil mengembangkan berbagai tindakan jantung termasuk tindakan elektrofisiologi jantung.

Pelayanan kesehatan lainnya turut dipenuhi melalui layanan ibu dan anak, bedah saraf hingga layanan pada Orthopedi, Endokrinologi dan Gastroentrologi.

Sejak resmi beroperasi pada 2017 lalu, Siloam Hospitals Bogor turut memiliki layanan unggulan lainnya, yaitu Unit Gawat Darurat (UGD), pada penanganan pasien gawat darurat dengan penunjang teknologi alat USG, EKG 12 lead, monitor mobile, monitor braket, dopler, dan nebulizer, serta layanan ambulan yang bersiaga penuh sepanjang waktu. (adv)