25 radar bogor

Wujudkan Wisata Kuliner, Lippo Plaza Ekalokasari Hadirkan Festival Kuah-Kuah Nusantara

BOGOR-RADAR BOGOR, Lippo Plaza Ekalokasari Bogor kembali menggelar pesta kuliner dengan mengusung tema Festival Kuah-Kuah Nusantara.

Baca Juga : Retribusi Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kota Bogor Dihapus

Adapun, festival kuliner ini berlangsung sejak 24 Januari hingga 4 Februari 2024 dengan menghadirkan cita rasa nusantara yang didominasi dengan jenis makanan berkuah.

Mall Director Lippo Plaza Ekalokasari Bogor Widiarto mengatakan, tema festival kuah-kuah Nusantara diambil karena memasuki musim penghujan yang mulai masif, dan sajian kuah menjadi sajian kuliner yang sangat sesuai sebagai penghangat dan kudapan dikala hujan.

Menurut dia, terdapat lebih dari 40 jenis makanan seperti Soto Betawi H. Agus Barito, Mie Kocok Bandung Marika, Cuanki Bandung Mang Udin.

Kemudian, Pempek Sriwijaya Jelambar, Bakso Babat Salatiga Agung, Bakwan Malang Wapo, Mie Ayam Bangka Mak Cun, Sayur Lodeh Khas Rumah Kopi Klotok Jogja, Tongseng & Rawon Arema, Garang Asem ndeso, Empal gentong Ibu Sumiasih dan tak lupa kuliner kuah khas bogor yaitu Soto Mie Bogor Mang Ohim.

Festival Kuah-kuah Nusantara ini dapat dijumpai pengunjung di Atrium Utama, lantai Ground Floor, Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Festival kuliner ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan Lunar New Year dan juga untuk memperkenalkan ragam kuliner berkuah yang dikenal masyarakat luas.

Sajian khas nusantara yang juga hadir melengkapi sajian berkuah lainnya antara lain Nasi Jamblang Ibu Sumiasih dari Cirebon, Jawa barat.

Kuliner nusantara lainnya yaitu, Nasi Tutug Oncom Djakarta, Nasi Kapau Juragan, Pempek Sriwijaya Jelambar, Oseng Mercon Kedai Sae, Ayam Betutu Bukit Pecatu, Nasi Goreng Kuning Arema, Kwetiaw Alas Daun, Nasi Kebuli Karju, Gudeg Mbah Prodjo, Bakso Goreng Bobo.

“Festival kuliner Nusantara ini disambut baik oleh masyarakat Bogor sehingga kami melanjutkan kegiatan ini untuk terus dapat melayani dan menjadikan Lippo Ekalokasari Bogor sebagai pusat perbelanjaan dan juga tujuan wisata kuliner ,” kata Widiarto.

Selain menyajikan ragam makanan Nusantara khususnya sajian makanan berkuah, kegiatan kuliner kali ini diikuti pelaku usaha kuliner paling banyak dibandingkan event kuliner yang diselenggarakan sebelumnya, yaitu dengan total lebih dri 40 pelaku usaha kuliner yang bergabung dalam kegiatan ini.

Hal ini tentunya membuktikan antusias mereka dalam mendukung kegiatan yang kami selenggarakan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan popularitas dari kuliner tradisional Indonesia akibat dan semakin bertumbuhnya bisnis kuliner.

“Dan kami harapkan para peserta yang bergabung dalam kegiatan yang merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat terus mmengembangkan bisnisnya dengan terus meningkatkan kualitas dan sajian makanan dan mampu bersaing dengan ragam dan jenis kuliner lainnya,” ucapnya.

Baca Juga : Kota Bogor Kembangkan 6 Aspek Smart City Bersama Green dan Heritage City

Festival Kuah-kuah Nusantara hadir berkat kerjasama antara Lippo Plaza Ekalokasari Bogor dengan JIISComm (PT Samsaka Lestari Rasa), di mana JIISComm merupakan event organizer yang bergiat dalam mengangkat dan melestarikan kuliner Indonesia sekaligus menjadi fasilitator antara penyaji dan penyuka kuliner. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep