25 radar bogor

Sejarah Tercipta, Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

QATAR-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia mencatatkan sejarah di Piala Asia. Untuk pertama kalinya, Garuda lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar.

Baca Juga : Skenario Ajaib Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Usai Dikalahkan Jepang

Kepastian itu diperoleh setelah Kirgistan bermain imbang 1-1 melawan Oman dalam laga terakhir Grup F Piala Asia 2023 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (25/1/2024). Hasil tersebut mengantarkan Timnas asuhan Shin Tae-yong melaju ke 16 besar Piala Asia 2023.

Pecinta Timnas Indonesia sempat dibikin termenung saat Oman berhasil unggul cepat di menit delapan lewat gol Muhsen Al Ghassani.

Gol itu tercipta melalui sepak pojok Jameel Al Yahmadi, kemelut terjadi di depan gawang Kirgistan, Muhsen Al Ghassani kemudian disambut sundulan keras meski sempat dicegah oleh pemain bertahan Kirgistan.

Permainan pun berlanjut alot setelah gol penentu itu. Oman bertahan total hingga jeda turun minum. Kirgistan sempat membuka keran gol usai menjebol gawang Oman pada menit ke-46 lewat tandukan Joel Kojo.

Sayang, wasit menganulir gol itu setelah Video Assistant Referee atau VAR menangkap momen Joel berada dalam posisi offside ketika umpan silang dilepaskan.

Tak menyerah, tim Asia Tengah itu akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang. Lagi-lagi, Joel Kojo yang mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke-80.

Memanfaatkan blunder pemain bertahan Oman dan kiper yang sudah keluar dari sarangnya, Joel Kojo melepaskan tendangan dari sudut sempit ke gawang yang tidak terkawal. Gol itu membuat Kirgistan memastikan lolos ke babak 16 Besar dan disambut suka cita rakyat Indonesia.

Atas hasil pertandingan Oman vs Kirgistan, Timnas Indonesia memastikan satu tiket berlaga di babak 16 Besar Piala Asia 2023.

Indonesia mendampingi Thailand yang menjadi wakil Asia Tenggara untuk berlaga di fase gugur Piala Asia 2023.

Baca Juga : Duel Seru Vietnam vs Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mitos, Realitas, dan Dramatis

Timnas Indonesia pun mengikuti Suriah, Palestina, dan Yordania yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 yang berstatus peringkat ketiga terbaik.

Sementara di laga Grup F lainnya, laga Thailand vs Arab Saudi berakhir tanpa gol. Kedua tim itu sebelumnya dipastikan lolos ke babak 16 Besar sejak pertandingan kedua Grup F. (net/dis)

Editor : Yosep