25 radar bogor

Jalan Parung Panjang Segera Dibangun Kementerian PUPR, Dilelang Bulan Depan

Truk tambang di Parung Panjang
Truk tambag melintas di Jalan Parung Panjang yang berdebu. HENDI/RADAR BOGOR

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal intervensi pembangunan Jalan Mohamad Toha dan Jalan Parung Panjang – Bunar atau Lebak Wangi.

Baca Juga : Jelang Pemilu, Sudah 112 Ribu Pemilih Pemula di Bogor Buat KTP Elektronik

Kepastian itu disampaikan oleh Anggota Komisi V DPR, Mulyadi. Kepada Radar Bogor ia mengatakan, jalan milik Pemprov Jabar itu akan diintervensi berdasarkan instruksi presiden (Inpres).

Politisi partai Gerindra itu menuturkan, pembangunan Jalan Parung Panjang yang notabene jalan daerah tersebut dibiayai APBN. “Iya benar, nilai yang masih dihitung,” katanya kepada Radar Bogor Jumat (26/1/2024).

Lanjut Mulyadi, sebagai anggota Komisi V DPR RI, ia ikut memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan inpres jalan daerah status provinsi tersebut.

Kata dia, selama ini Jalan Parung Panjang ini jadi polemik maupun konflik antara sopir dan masyarakat. Permasalahan lalu lintas truk tambang itu pun mendapatkan atensi dari Komisi V DPR hingga harus ada langkah pada 2024 ini.

“Inpres jalan daerah di Kecamatan Parung Panjang tersebut sudah disampaikan ke Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, Kepala DBMP Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono, dan Kepala Dinas ESDM Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih,” paparnya.

Baca Juga : Derita Warga Parung Panjang Hidup Berdampingan dengan Truk Tambang

Adapun untuk proyek tersebut, akan dilelang dalam waktu dekat ini. “Rencananya proyek tersebut akan dilelang pada Bulan Februari mendatang,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep