25 radar bogor

Bima Arya Janji Hadirkan Bus Pariwisata Untuk Hubungkan Terminal Bubulak dengan Situ Gede

Bus Unchal
Bus Unchal

BOGOR-RADAR BOGOR, Selain berencana melakukan penataan berkonsep Transit Oriented Development (TOD), Pemerintah Kota Bogor juga menjanjikan hadirnya angkutan pariwisata di Terminal Bubulak.

Angkutan dengan konsep shuttle bus ini nantinya akan menjadi penghubung masyarakat, atau wisatawan yang hendak plesiran ke destinasi wisata Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan rencana ini akan diwujudkan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan IPB University.

Baca juga: Gali Potensi Pariwisata Kota Bogor, Disparbud Gelar FGD Bersama PWI

“Di Kecamatan Bogor Barat ada 2 titik yang sangat sangat strategis seperti intan yang belum digosok yakni Terminal Bubulak dan Situ Gede. Saya membayangkan ke depan terminal ini menjadi TOD, ada pusat ekonomi, umkm, hotel, taman kota, dan park and ride. Sementara Situ Gede yang karakternya seperti Kebun Raya menampilkan wisata alam, wisata sawah, Kampung Tematik, UMKM, dan urban farming khas penduduk sekitar,” tuturnya saat ditemui Radar Bogor pada Jumat (26/1/2024).

Rencana itu disebutnya memang perlu didukung, dengan penataan land scape Situ Gede sehingga bisa menonjolkan area persawahan, saung, bahkan perbaikan pada infrastruktur akses jalannya.

“Ke depannya wilayah itu sangat potesial untuk digarap bersama. Dua titik ini setahun dua tahun ke depan ditata dengan bagus dan baik sehingga bisa mengurangi arus orang ke pusat kota. Karena nanti akan ke sana (Situ Gede),” imbuh dia.

Bima mengungkapkan, gagasan itu selama ini sulit direalisasikan.

Maka dari itu dirinya berharap ke depan antara Pemkot dan KLHK bisa bersinergi mewujudkan penataan kawasan Situ Gede dengan Cifor.

Baca juga: Pengurus Organda Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Bima Arya Singgung Soal Sinergi

Rencana menciptakan kawasan pariwisata baru ini akan didukung dengan kehadiran hotel sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

Hotel ini akan berada dalam konsep TOD di Terminal Bubulak yang digadang-gadang akan didanai melalui sistem Build Operate Transfer (BOT) atau bangun guna serah bersama pihak swasta.

“Sebaiknya harus ada hotel. Karena investor tidak mungkin masuk kalau tidak ada hal yang menguntungkan disitu. Hotel memang sangat dibutuhkan di Bogor Barat ini. Apalagi hotel untuk wisata ke arah Situ Gede. Tinggal dikonsepkan oleh Bapperida dan Dishub,” ucap Bima. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari