25 radar bogor

SD Negeri se-Kabupaten Bogor Deklarasi Bersih Narkoba, Pj Bupati Minta Kepsek Ajarkan Pencegahan Sejak Dini

Ribuan Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kabupaten Bogor menggelar deklarasi Sekolah Bersinar (Bersih dari Narkoba) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Deklarasi ini bertujuan agar mencegah peredaran Narkoba di sekolah.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ribuan Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kabupaten Bogor menggelar deklarasi Sekolah Bersinar (Bersih dari Narkoba) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Deklarasi ini bertujuan agar mencegah peredaran Narkoba di sekolah.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyampaikan ini merupakan tindaklanjut dari deklarasi bersih narkoba di setiap tingkat. Sebelumnya SMP telah dilakukan deklarasi serupa.

Baca juga: Kejari Musnahkan Barang Bukti 75 Perkara Tindak Pidana, Narkoba Hingga Kondom

“Kami tadi sudah menyampaikan kepada seluruh jajaran kepala sd negeri se Kabupaten Bogor yang berjumlah kurang lebih 1.500 Bahwa ini menjadi tanggung jawab bersama,” katanya di Gedung Laga Satria Pakansari Cibinong, Kamis (25/1/2024).

Ia telah menugaskan setelah deklarasi ini harus dibentuk sat satuan tugas penanggulangan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Satgas ini tak hanya menangani narkoba tapi akan berkembang juga di pencegahan Intoleran radikalisme, ekstrimisme dan terorisme di tingkatan sekolah.

“Penting anak-anak kita ini dicegah seebab rawan menjadi sasaran dari peredaran narkoba, termasuk paham intoleransi, kemudian ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme,” ungkapnya.

Asmawa menyebut kepala sekolah memiliki memiliki peran yang sangat strategis untuk menyadari sejak dini kita ajarkan untuk pencegahan secara dini. Harus melakukan mitigasi yang tepat agar pencegahan bisa berjalan dengan maksimal.

“Klau sampai saat ini belum ada, tetapi kita tidak mungkin menunggu ada yang terpapar atau ada pengguna. Jadi kita lakukan antisipasi sejak awal,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor Bambang Widodo Tawekal menjelaskan deklarasi ini mengundang 1.502 Kepala SDN se-Kabupaten Bogor termasuk pengawas 65 orang.

“Informasi yang kami komunikasikan dengan Bakesbangpol dan Polres bogor bahwa Kabupaten Bogor itu menempati peringkat kedua se-Jawa Barat dalam penyalahgunaan narkoba. Jadi kami khawatir itu bisa terpapar juga dengan sekolah karena anak-anak rentan bisa dipengaruhi,” jelasnya.

Baca juga: Bekali Cara Pencegahan Narkoba, BNNK Bogor Undang Puluhan Pemuda

Menurutnya deklarasi ini menjadi komitmen para kepala sekolah untuk menjaga sekolahnya. Selain itu akan dilakukan memberikan penyuluhan narkoba dari BNN ke sekolah-sekolah.

“Minimal di setiap sekolah nanti ada tertulis kami war on drugs perang terhadap narkoba ini akan efektif untuk mencegah adanya narkoba di wilayah masyarakat sekolah,” ujarnya. (cr1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari