25 radar bogor

Intensitas Hujan yang Tinggi, Berikut Tips Aman Berkendara di Musim Hujan dengan Yamaha Riding Academy

Illustrasi foto, intensitas hujan yang semakin tinggi pada awal tahun ini.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Masyarakat pengguna sepeda motor perlu meningkatkan kewaspadaan menghadapi intensitas hujan yang semakin tinggi pada awal tahun ini. Selain jalan yang licin dan berbahaya akibat basah, risiko tergenang air atau bahkan banjir di beberapa jalur juga menjadi ancaman.

Meskipun demikian, sejumlah pengendara tetap melanjutkan perjalanan di tengah guyuran hujan. Oleh karena itu, pemahaman terhadap kondisi sepeda motor, teknik berkendara, kelengkapan peralatan, dan pengetahuan rute menjadi krusial. Dengan curah hujan yang meningkat belakangan ini, penting bagi para pengendara sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaan demi mengurangi risiko kecelakaan di jalan yang basah dan tergenang air.

Baca Juga : Waspada! Hujan Lebat dan Angin Kencang Akan Melanda Beberapa Provinsi di Indonesia

“Untuk itu, fokus yang tinggi, persiapan yang matang serta pemahaman berkendara yang baik dan pemilihan jalur yang tepat, menjadi poin-poin yang penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di musim hujan seperti ini,” ungkap Muhammad Arief, Instruktur YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Supaya tetap aman berkendara sepeda motor saat Intensitas hujan tinggi, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan sejumlah tips.

Pertama, pastikan Motor dalam Kondisi Sehat. Dari segi persiapan, hal pertama yang harus dicek oleh pengguna sepeda motor sebelum berkendara adalah memastikan motornya dalam kondisi yang layak jalan.

Pada musim hujan ada beberapa komponen motor yang memiliki peranan vital dan penting untuk dicek, seperti ban yang berfungsi menjaga traksi ke permukaan jalan, lampu penerangan yang membantu jarak pandang, sistem pengereman untuk deselerasi kecepatan di permukaan jalan yang basah dan licin, serta beberapa komponen pendukung berkendara lainnya.

Jangan lupa juga untuk membawa jas hujan. Jas hujan menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dibawa saat musim hujan karena fungsinya yang dapat meminimalisir pakaian pengendara menjadi basah dan juga meredakan terpaan angin serta hawa dingin yang langsung ke badan.

Baiknya, pengendara memilih jas hujan yang berbentuk 2-pieces dengan warna yang cerah agar mudah diidentifikasi oleh pengendara lain. Hindari penggunaan jas hujan jenis ponco atau jubah lantaran bahaya jika tersangkut dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Ketika berkendara saat intensitas hujan, pemilihan rute juga menunjang faktor keselamatan dalam berkendara. Hindari jalan yang sering terjadi genangan air atau banjir. Karena apabila pengendara nekat menerjang jalanan yang banjir, selain berbahaya, motor pun juga bisa mengalami kerusakan yang serius.

Kemudian, kondisi hujan yang membuat jalan licin dan jarak pandang terbatas tentunya harus disikapi dengan cara berkendara yang bijak. Seperti jangan berkendara dengan kecepatan yang tinggi dan sering mendahului pengendara lain.

Selain itu, hindari mengerem secara mendadak karena saat jalan licin tentu traksi ban ke aspal menjadi tidak optimal sehingga risiko untuk selip. Baiknya, tetap jaga jarak aman dan berkendaralah dengan kecepatan sedang serta konstan.

Saat intensitas hujan sudah sangat deras, sebaiknya pengendara langsung berhenti dan tidak melanjutkan berkendara karena jarak pandang yang pasti terganggu dan genangan air di jalan membuat sepeda motor menjadi sulit dikontrol.

Pada saat menepi juga pastikan lokasinya aman, seperti tidak di bawah jembatan, underpass, atau ruang publik lainnya yang dapat mengganggu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan.

Terakhir, motor yang dikendarai saat hujan biasanya menjadi kotor akibat lumpur dan tanah yang menempel sehingga bisa menyebabkan karat. Oleh karena itu, baiknya segera mencuci motor yang telah digunakan dan beri pelumas pada bagian yang rawan berkarat, seperti standard samping dan tengah, footstep, serta kaki-kaki motor.

Baca Juga : Update Prakiraan Cuaca Bogor Selasa 23 Januari 2024, Hujan Hingga Malam

Lalu cek juga kondisi oli serta busi untuk memastikan tidak ada air yang masuk kedalam. Demikian tips dari Yamaha terkait dengan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkendara saat hujan.

Apabila motor mengalami malfungsi sehabis menerjang hujan ataupun jalanan yang tergenang, sebaiknya pengendara bisa langsung datang ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut. (JPG/Zaky PKL)