25 radar bogor

Trem Kota Bogor Bakal Lintasi 17 Stasiun, Dishub Kaji Rutenya

Rute Trem

BOGOR-RADAR BOGOR, Pencanangan moda transportasi trem di Kota Bogor diduga bakal mempengaruhi rute Biskita Transpakuan. Hal ini lantaran adanya kemungkinan irisan lintasan trem dengan rute Biskita yang telah lebih dulu beroperasi.

Baca Juga : Datangi Dirjen Perkeretaapian, Dedie Minta Dukungan Kemenhub Percepat Implementasi Trem

Kemungkinan itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra Saputra. Ia mengatakan trem bakal melintasi 17 stasiun dengan rute mengitari Sistem Satu Arah (SSA) dan Stasiun Bogor sehingga beririsan dengan sejumlah koridor Biskita.

Oleh karena itu pihaknya bakal mengkaji feasibility study (FS) rencana pelaksanaan trem yang sudah ada sejak tahun lalu bersama dengan Perumda Transpakuan (PTP) sebagai pihak yang akan menjadi leading sector proyek trem.

“FS yang sudah ada kami minta dikaji bersama dulu direview dengan perubahan yang terjadi di kota bogor. FS-nya kan sudah dari tahun lalu (sehingga) harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujarnya kepada Radar Bogor, Sabtu (20/1/2024).

Marse berpendapat FS juga harus disesuaikan dengan Rencana Induk Transporatasi Jabodetabek (RITJ) yang berkaitan dengan kehadiran Light Rail Transit (LRT) di Kota Bogor dan moda transportasi Biskita di Cibinong ke depan.

“Kami sedang kordinasi lanjut dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memastikan rute koridor Biskita yang ada, apakah ada perubahan atau tidak,” ujarnya.

Baca Juga : Rencana Moda Transportasi Trem Kembali Berlanjut, Dedie Sebut Investor Mulai Tertarik

Meski begitu, Marse menyebut saat ini Pemkot Bogor masih melakukan persiapan terkait akselerasi pengadaan trem. Sementara penyelenggaraan teknis moda transportasi ini merupakan tahap lanjutan. (fat)