25 radar bogor

Hadapi Indonesia, Jepang Gelar Latihan Tertutup Untuk Media

DOHA-RADAR BOGOR, Timnas Jepang tampak begitu serius menghadapi Timnas Indonesia di laga penentu atau laga terakhir grup D Piala Asia 2023. 

Di laga tersebut, Skuad Garuda akan menghadapi Jepang di pertandingan terakhir grup D. Laga ini akan dimainkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Laga ini sendiri menjadi penentu, siapakah negara yang akan mendampingi Irak sebagai perwakilan dari Grup D yang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca Juga : Indonesia vs Jepang, Skuad Garuda Patut Waspadai Empat Pemain ini!

Jepang yang sebelumnya gagal mengunci tiket ke babak 16 besar usai takluk Irak sepertinya tidak mau lagi kecolongan di laga selanjutnya.

Di laga terakhir menghadapi Timnas Indonesia, Jepang pun melakukan berbagai persiapan dengan maksimal demi menjaga ambisi juara di Piala Asia 2023. 

Dalam sesi latihan yang berlangsung di Doha, Qatar, Minggu (21/1/2024), Timnas Jepang dikabarkan sampai melarang media meliput kegiatan latihannya.

Media asal Jepang, Gekisaka, menyebut hal ini adalah sesuatu yang tidak biasa. Karena biasa tim berjuluk Samurai Biru itu memberikan waktu kepada awak media untuk meliput kegiatan tim di 15 menit pertama periode latihan.

Takefuso Kubo Cs pun terlihat begitu serius untuk menghadapi Timnas Indonesia dengan rela melakukan sesi latihan tertutup.

Baca Juga : Hokky Caraka Akui Grogi dan Sulit Tidur Jelang Hadapi Jepang

“Suatu tindakan yang tidak biasa tiga hari sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia,” tulis media asal Jepang, Gekisaka dikutip, Senin (22/1/2024).

Gekisaka menilai Jepang ingin fokus mempersiapkan taktik melawan Timnas Indonesia. Mereka tidak ingin kembali mengalami hasil negatif.

Media tersebut bahkan mengabarkan suasana ruang ganti Jepang juga tidak dalam kondisi positif seusai kalah 1-2 dari Irak. 

“Mereka (Jepang) bersiap untuk melakukan penyesuaian dalam suasana hati yang lebih tegang, ketika mereka bersiap menghadapi pertandingan besar segera setelah kekalahan,” sebutnya.

Sebelumnya, di dua laga awal menghadapi Vietnam dan Irak Timnas Jepang disebut begitu terbuka dengan awak media. 

Media tersebut pun mengindikasikan bahwa Jepang saat ini berada dalam tekanan besar jelang menghadapi Indonesia agar bisa meraih kemenangan dan maju ke babak selanjutnya sebab mereka berstatus sebagai unggulan juara.

“Tiga hari sebelum pertandingan pertama melawan Vietnam pada tanggal 14, Jepang berlatih penguasaan bola lima lawan lima selama sekitar 50 menit. Kemudian tiga hari sebelum pertandingan kedua melawan Irak pada tanggal 19, Jepang berlatih mini game delapan lawan delapan,” jelasnya.

“Seluruh menu latihan, termasuk permainan, tersedia untuk pers. Bahkan dalam latihan dua hari sebelum pertandingan, semuanya kecuali menu taktis, yang mengadopsi susunan pemain berdasarkan permainan, dipublikasikan. Langkah yang diterapkan saat ini adalah tidak biasa,” sambungnya.

“Untuk lolos ke posisi kedua, Jepang membutuhkan setidaknya hasil imbang melawan Indonesia. Kalaupun kalah, masih ada peluang lolos dari peringkat ketiga, namun itu tergantung hasil grup lain. Kemampuan mereka bangkit dari kekalahan akan diuji,” pungkasnya. (fjr)

Editor : Ruri Ariatullah