25 radar bogor

Gunung Sampah Jalan Bomang Diangkut, Camat Minta Warga Saling Mengawasi

Jalan Bomang
Petugas kebersihan mengangkut sampah di Jalan Bomang, Senin (22/1/2024).

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Truk kuning itu berhenti di Jalan Bomang (Bojong gede-Kemang) Senin (22/1/2024). Truk pelat merah dengan nomor polisi F8390F tersebut mengeluarkan aroma menyengat.

Baca Juga : Sempat Viral Lalu Dibersihkan, Kini Jalan Bomang Jadi TPS Liar Lagi

Kondisi truk cukup laik jalan. Meski di beberapa bagian bak truk nampak mulai karatat. Paling ketara karatan di bagian belakang truk. Atau pintu bak truk.

Truk itu adalah kendaraan sampah milik DLH Kabupaten Bogor. Mereknya Dyna T130HT. Truk dengan transmisi manual 5 percepatan dan berbahan bakar solar.

Truk sampah itu sengaja berhenti di Jalan Bomang Senin (22/1/2024) pagi. Truk yang harusnya langsung menuju tempat pembuangan akhir sampah itu melipir sejenak di Jalan Bomang yang berada di Kecamatan Tajurhalang.

Truk itu mengangkat sampah yang dibuang sembarangan di Jalan Bomang. Ada beberapa titik sampah liar di sana. Namun satu yang terlihat menumpuk bak gunung sampah.

Semua kru petugas kebersihan di truk sampah tersebut turun tangan. Bahu membahu mengangkat sampah liar itu. Ada empat orang petugas pengangkut sampah di sana. Tiga di bawah, satu di atas bak truk.

Yang berada di bawah, satu orang mengenakan baju hijau tua. satu orang mengenakan baju merah, satu orang lagi mengenakan baju abu lengan hitam.

Sedangkan yang di atas, mengenakan baju berwarna kuning dengan lemban hitam. Di belakang bajunya bertuliskan “DLH”. Baju yang dikenakan sudah sangat usang. “Yuk angkut, sedikit lagi,”ucap pria yang berada di atas bak kepada rekan rekanya di bawah.

Camat Tajurhalang, Ivan Pramudya mengatakan, setelah dirinya mendapati ada laporan soal tumpukan sampah di wilayahnya itu, ia langsung berkordinasi dengan DLH untuk melakukan pengangkutan sampah. “Iya, kami berkordinasi, tadi pagi sudah mulai diangkut,” katanya kepada Radar Bogor Senin (22/1/2024).

Ivan meminta agar masyarakat yang buang sampah sembarangan di Jalan Bomang, untuk sadar diri dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga : Jalan Bomang Rawan Begal, Camat Bakal Ajukan Pemasang PJU

Kata dia kesadaran masyarakat ini penting untuk bersama menjaga agar tercipta lingkungan bersih dan sehat. Iapun berharap sesama warga bisa saling menegur jika menemukan adanya warga nakal yang buang sampah sembarangan. “Jadi saling mengingatkan,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep