25 radar bogor

Akses Pasar Jambu Dua Dibuka, Pedagang Syukuran Ngaliwet Bareng Bima Arya

Bima Arya ngaliwet bareng Pedagang Pasar Jambu Dua.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah pedagang Pasar Jambu Dua mengadakan syukuran atas dibukanya kembali akses menuju pasar, pada Minggu (21/1/2024).

Baca Juga : Pembangunan Pasar Jambu Dua Setengah Rampung, Perumda PPJ Klaim Siap Digunakan Sebelum Ramadan

Adapun, syukuran dengan cara ngaliwet bareng Wali Kota Bogor Bima Arya ini berlangsung di Gedung Baru Pasar Jambu Dua.

“Iya, pedagang mengundang saya untuk syukuran karena akses (menuju Pasar Jambu Dua) sudah dibuka, jadi saya memenuhi undangan pedagang,” kata Bima Arya.

Wali Kota Dua Periode itu juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pedagang lantaran sudah bersabar cukup lama, dan sangat kooperatif sehingga akses akses jalan yang sebelumnya ditutup bisa diakses kembali.

Ke depan, Bima Arya berjanji untuk mempercepat pekerjaan pembangunan akses baru yang akan dikerjakan Pengelola Mal Plaza Jambu Dua dari arah Jalan Ceremai Ujung menuju Pasar Jambu Dua.

“Jadi segera akses baru itu dibuka, ini akses permanen nanti dan saya sampaikan Pasar Jambu Dua yang baru bersahabat dengan pedagang, harga kios juga meringankan para pedagang,” ucapnya.

Saat ini, proyek pembangunan Pasar Jambu Dua yang berada di Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal itu kini sudah mencapai progres 60 persen dan ditargetkan rampung pada Maret 2024 atau setelah Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Sebulan lagi bisa 80 persen sisanya baru setelah pedagang masuk dari TPS, dan lokasi TPS akan dibangun tempat parkir untuk roda empat, baru setelah itu 100 persen (untuk bisa operasional) jadi tidak harus menunggu 100 persen karena 20 persen tempat parkir,” papar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor bersama Pengelola Mal Plaza Jambu Dua akhirnya bersepakat untuk membuka kembali akses jalan tembusan ke Pasar Jambu Dua. Kebijakan ini akhirnya tercapai setelah kedua belah pihak kembali bertemu pada Jumat (12/1/2024).

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, jalan yang sempat ditutup pada 18 Desember 2023 lalu itu akan kembali dibuka setelah proses pengerjaan jalan tersebut selesai. Bima menggaransi pengerjaan jalan selesai 1-2 hari ke depan.

“Ke depan segera akan dilakukan proses pengerjaan pengembalian paving blok dan pembangunan pasar oleh pihak Mal berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Kami bekerja sama di lapangan agar pembukaan bisa segera dilakukan. Pengerjaan fisik akan kami mulai hari ini,” terang Bima.

Dirinya menjelaskan akses tersebut akan dibuka dan bisa kembali digunakan hingga jalan tembusan baru menuju Pasar Jambu Dua selesai dibangun dan bisa digunakan.

Jalan tembusan baru yang akan dibuka di Jalan Ciremai Ujung itu saat ini masihndalam proses pembebasan lahan. Jalan ini ditargetkan rampung maksimal di Bulan April 2024.

Baca Juga : Ini Ternyata Alasan Tembusan Pasar Jambu Dua Sempat Ditutup, Pengelola Mal Beri Penjelasan

“Pembebasan lahannya dilakukan oleh Mal Jambu Dua sementara teknis pembangunan jalannya bekerja sama dengan Pemkot Bogor,” tutur Bima. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep