25 radar bogor

SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi Sukses Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

SMK Amaliah
SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi telah sukses menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS dan MPK (LDKOM) dan Penempuhan Bantara pada Rabu (17/1/2024) dan Kamis (18/1/2024).

BOGOR – RADAR BOGOR, SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi telah sukses menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS dan MPK (LDKOM) dan Penempuhan Bantara pada Rabu (17/1/2024) dan Kamis (18/1/2024).

Baca Juga : Siapkan Peserta Didik Terjun ke Dunia Usaha dan Industri, SMK Amaliah 1 dan 2 Laksanakan Talkshow dan Pembekalan Umum Praktik Kerja Lapangan

Kegiatan ini mengusung tema “”Membentuk Calon Pemimpin yang Berkarakter, Berakhlakul Karimah dan Bertanggung Jawab pada Organisasi, Nusa dan Bangsa” yang dilaksanakan di Villa Kampung Sawah Cimande dan diikuti oleh 82 peserta yang terdiri dari 67 siswa OSIS SMK Amaliah dan MPK, serta 15 peserta Penempuhan Bantara.

Kepala SMK Amaliah 1, Tisna Sudrajat, S.Kom., Gr., menjadi pemateri untuk sesi Kepemimpinan & Etika Pemimpin. Sementara Kepala SMK Amaliah 2, Gugun Gunadi S.Pd,I,. M.Pd., memberikan materi tentang Keorganisasian Tugas dan Tanggung Jawab Pengurus OSIS dan MPK.

Dosen dari Universitas Djuanda, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., MAP., turut memberikan wawasan mengenai Teknik Komunikasi dan Public Speaking. Materi-materi lainnya termasuk Kepramukaan yang dipresentasikan oleh Andalan Penegak Putra Kwartir Ranting Ciawi, Idris Affandi, A.Ma, dan Kerjasama dalam Keorganisasian Intra dan Inter Sekolah & Event Organizer Pemimpin oleh Wakasek Kesiswaan A2, Gilang Gumilar, S.E.I., Gr. Sesi terakhir diisi dengan materi Keimanan & Ketaqwaan oleh Wakasek Kesiswaan A1, Amirudin Muslim, MM.

“Melalui LDKOM ini, kami berupaya memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik tentang tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pengurus OSIS dan MPK. Kami percaya bahwa keberhasilan sebuah organisasi bergantung pada kemampuan para pengurusnya untuk berorganisasi dengan baik, saling bekerjasama, dan memiliki tekad untuk membawa perubahan positif,” ujar Kepala SMK Amaliah 2, Gugun Gunadi.

Kepala SMK Amaliah 1, Tisna Sudrajat juga menambahkan, LDKOM dan Penempuhan Bantara ini adalah upaya nyata untuk membentuk peserta didik menjadi pemimpin masa depan yang memiliki karakter, etika, dan tanggung jawab. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan,” tuturnya.

Baca Juga : Tingkatkan Link and Match Antar Sekolah dan Industri, SMK Amaliah 2 Ciawi Sambangi Kementerian Keuangan

Kegiatan ini diakhiri dengan semangat tinggi dari para peserta yang berkomitmen untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari serta dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pemimpin dan anggota masyarakat. (*)

Editor : Yosep