25 radar bogor

Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik 5 Peringkat Usai Bekuk Vietnam 1-0

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

QATAR-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, setelah mengalahkan sesama negara Asean, Vietnam, dengan skor tipis 1-0 pada laga di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam.

Baca Juga : Timnas Indonesia pikir keras Hadapi Vietnam

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam, melalui titik putih, setelah Rafael Struick dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Vietnam, pada menit ke-42.

Penalti yang diberikan itu disebabkan karena adanya tarikan yang dilakukan oleh pemain dari Vietnam Nguyen Thanh Binh kepada pemain Timnas Indonesia Rafael Struick dikotak pinalti yang dianggap sebagai pelanggaran.

Kapten Timnas Indonesia sendiri yang mengeksekusi tendangan ini pada menit 42’, Asnawi mampu melesatkan tendangan pinalti ke gawang Vietnam dengan baik yang membuat skor berubah keunggulan atas Indonesia.

Tak ada gol lain tercipta dalam laga ini yang membuat Indonesia berhasil raih 3 poin atas Vietnam dengan skor akhir 1-0.

Hasil yang diperoleh oleh Timnas Indonesia ini memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan Timnas kedepan, pasalnya tidak hanya peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia saja tetapi juga peringkat dunia FIFA Indonesia yang mengalami kenaikan.

Dikutip dari footyRangkings yang merupakan database update ranking FIFA dalam ajang kompetisi asia, menjelaskan mengenai adanya kenaikan poin yang didapatkan oleh Indonesia usai pertandingan melawan Vietnam dalam grup D Piala Asia.

Indonesia mendapatkan kenaikan poin sebesar (+23.18) yang membuat poin FIFA Timnas Indonesia berubah menjadi 1076.78 yang sebelumnya hanya 1064.01 poin.

Hasil kenaikan poin ini menjadikan ranking Indonesia naik 5 ke posisi 142 dunia yang sebelumnya Indonesia hanya berada di posisi ranking 146 dunia.

Raihan apik yang dijalani oleh Timnas Indonesia ini bisa sedikit demi sedikit memperbaiki ranking sepak bola Indonesia di dunia.

Dilain sisi peringkat Indonesia yang mengalami kenaikan, Vietnam justru peringkatnya mengalami penurunan sebesar (-23.18) dengan berubah menjadi 1205.90 poin yang sebelumnya mengoleksi 123.58 poin berada di posisi 94 kini turun ke posisi 5 dengan peringkat 99 dunia.

Hasil positif yang diraih oleh Timnas Indonesia diharapkan akan terus berlanjut, terutama dalam ajang Piala Asia.

Baca Juga : Marselino Ferdinan: Pencetak Gol Termuda Timnas Indonesia

Misi besar Timnas Indonesia masih belum usai dan sudah menunggu di depan sana. Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada lanjutan laga di grup D di hari Rabu (24/1) pukul 18.30 di Stadion Al Thumama, Qatar. Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk bisa pastikan langkahnya di babak 16 besar Piala Asia. (jpg)

Editor : Yosep