25 radar bogor

Jadi Favorit Venue Pernikahan Jabodetabek dan Bali Miliki Banyak Ballroom Hotel

Menurut survei Jabodetabek dan Bali masih menjadi lokasi favorit pernikahan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pernikahan adalah momen sakral yang dinanti semua orang, tentu menginginkan pernikahan impian yang menjadi momen berkesan seumur hidup. Tak Jarang banyak calon pengantin kebingungan memilih venue terbaik, menurut survei Jabodetabek dan Bali masih menjadi lokasi favorit pernikahan.

Baca Juga: Heboh! Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur, Kantongi Surat Rekomendasi KUA

Bridestory merilis hasil survei seputar pernikahan yang dilakukan di akhir tahun 2023 terhadap 5.000 responden yang terdiri dari 71,8% wanita dan 28,2% pria.

Dalam survei ini, didapatkan hasil bahwa dari sebagian besar responden berencana untuk menikah di venue yang berlokasi di Jabodetabek (66,6%) dan Bali (13,9%).

Untuk jenis venue pernikahan yang dipilih oleh para calon mempelai, tiga jawaban yang teratas merupakan ballroom hotel (46,7%), gedung atau aula serbaguna (25,8%) dan taman, pantai atau area outdoor (12,9%).

“Dengan merilis tren pernikahan 2024 dan data survei ini, diharapkan vendor pernikahan dan pelaku bisnis di industri ini dapat mendapat insight terbaru tentang perilaku dan preferensi calon pengantin masa kini dan memanfaatkannya untuk mengembangkan produk dan jasa pernikahan yang ditawarkan dengan lebih baik lagi. Juga untuk para calon pengantin agar senantiasa mendapatkan inspirasi dan tips terbaik untuk mempermudah proses wedding planning mereka,” ungkap Ayunda Wardhani, Senior Vice President Bridestory.

Baca Juga: Tekan Pernikahan Dini, Pemkot Bogor Gencar Sosialisasi Hingga Perpanjang Birokrasi

Berikut ini, beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk mewujudkan pernikahan di lokasi yang sempurna.

  1. Lokasi, Pertimbangan hal-hal penting lainnya, seperti kemudahan aksesibilitas tamu dan vendor Anda untuk ke tempat tujuan. Sedikit tips, pilihlah venue pernikahan yang terletak di pusat kota dan dekat dengan stasiun MRT.
  2. Ketersediaan tempat Cobalah untuk memesan venue setidaknya satu tahun sebelumnya, Anda bisa mendapatkan diskon dan penawaran menarik lainnya jika memesan lebih awal.
  3. Fasilitas, Carilah tempat yang eksklusif untuk pernikahan Anda. Beberapa venue kini bisa menawarkan seluruh lantai untuk pernikahan, dan memiliki ruang ganti untuk VIP dan pengantin di lantai yang sama.
  4. Paket yang disediakan, Apakah paket sudah termasuk tiket parkir mobil gratis? Apakah venue memiliki rekanan vendor lain, seperti undangan, dekorasi, dll?
  5. Makanan & minuman, Sebagian besar venue akan menyediakan layanan food tasting hingga 10 orang. Inilah saatnya Anda bertanya lebih detail mengenai makanan yang akan tersaji di hari pernikahan Anda.
  6. Biaya, Pilih venue yang menerapkan flat-rate untuk deposit jika Anda memiliki daftar tamu yang panjang.
  7. Pelayanan, Pelayanan atau service dari venue juga harus menjadi perhatian. Berapa rasio staf pelayan untuk setiap meja? Berapa banyak manajer acara atau perjamuan yang bertugas untuk pernikahan? Bagaimana sikap pelayanan sales wedding? (NET/Firda-PKL)

Editor: Yosep