25 radar bogor

Pembangunan Pasar Jambu Dua Setengah Rampung, Perumda PPJ Klaim Siap Digunakan Sebelum Ramadan

Proyek pembangunan Pasar Jambu Dua terus menoreh tren positif. Pasar yang berada di Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal itu kini sudah mencapai progres 68,9 persen. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek pembangunan Pasar Jambu Dua terus menoreh tren positif. Pasar yang berada di Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal itu kini sudah mencapai progres 68,9 persen.

Direktur Utama Pasar Jambu Dua, Muzakkir mengatakan saat ini, bagian lantai 1 Pasar Jambu Dua telah selesai. Sementara, bagian lantai 2 masih terus dikerjakan.

Baca juga: Mahasiswa Desak Pemkot Bogor Segera Buka Akses Jalan Pasar Jambu Dua

Dirinya optimis, bangunan Pasar Jambu Dua bisa rampung sebelum Bulan April 2024.

“Kami usahakan sebelum Bulan Ramadan pasar itu siap digunakan. Targetnya Bulan Februari beres. Kalau sudah selesai, kami akan mulai tahap pemindahan,” ucap Muzakkir kepada Radar Bogor, Selasa (16/1/2024).

Dirinya mengungkapkan, para pedagang eksisting Pasar Jambu Dua yang saat ini menempati Tempat Penampungan Sementara (TPS), sudah bersedia untuk segera pindah ke bangunan baru.

Namun para pedagang Pasar Bogor yang juga akan menempati Pasar Jambu Dua, meminta untuk dipindahkan setelah Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Kalau pedagang eksisting memang harus pindah, karena kami tidak akan bisa melakukan pembangunan tahap selanjutnya kalau yang di TPS belum dipindahkan. Untuk pedagang Pasar Bogor, kami akan kembali melakukan negosiasi,” tutur Muzakkir.

Pihak Perumda PPJ akan menerapkan 2 tahapan pembukaan, yakni soft launching dan grand launching.

Muzakkir menggaransi akan melakukan pemindahan secara keseluruhan paling telat setelah lebaran.

Dalam penempatan kios dan los, Muzakkir menekankan pihaknya tidak akan membeda-bedakan, antara pedagang Pasar Jambu Dua dan Pedagang Pasar Bogor.

Mereka akan menempati tempat yang sama. Zonasi hanya dilakukan berdasarakan komoditas saja.

Baca juga: Ini Ternyata Alasan Tembusan Pasar Jambu Dua Sempat Ditutup, Pengelola Mal Beri Penjelasan

Sebagai informasi, Pasar Jambu Dua dibangun dengan biaya investor senilai Rp70 miliar.

Pasar ini dikonsepkan mirip dengan pasar bersih yang akan menampung 1141 pedagang, gabungan pedagang sebelumnya dan 800 pedagang pindahan dari Pasar Bogor. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari