25 radar bogor

Vitamin A Dari Sayuran, Untuk Imunitas Anak

ilustrasi broccoli (Freepik)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sayuran yang tinggi akan vitamin A memang dikenal bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh terutama untuk anak. Tak heran jika sayuran yang mengandung vitamin A banyak dicari masyarakat.

Baca Juga: Cegah Petugas KPPS Sakit, Rudy Susmanto Minta Pemkab Beri Suplemen Kesehatan

Sifat antioksidan yang terkandung dalam vitamin A dapat menangkal efek radikal bebas dan mengurangi peradangan. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memperkuat otot dan tulang.

Meski vitamin A terdapat diragam sayuran, namun ada lima jenis sayur yang sangat tinggi kandungannya seperti dilansir dari Alodokter, Minggu (14/1).

Wortel
Wortel memiliki kandungan utama, yaitu beta karoten. Beta karoten adalah pigmen pada tanaman berwarna merah, kuning, dan jingga. Beta karoten inilah yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Mengonsumsi beta karoten dalam jumlah yang banyak membuat warna kulit berubah menjadi kekuningan atau jingga, hal ini tidak membahayakan.

Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang memiliki berbentuk unik, untuk mendapatkan vitamin A hanya dengan merebus atau menumis saja.

Ubi
Ubi merupakan sumber vitamin A terbaik. Memiliki warna cerah dan rasa yang manis sehingga banyak digemari. Vitamin A yang terkandung dalam ubi lebih tinggi dibanding wortel dan brokoli. Disarankan untuk mengonsumsi secara utuh untuk mendapatkan nutrisi secara optimal.

Bayam
Bayam merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan beberapa nutrisi lain, seperti vitamin C, float, zat besi, dan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah anemia.

Tidak hanya itu, bayam juga mengandung senyawa karotenoid yang dapat melindungi mata dari gangguan akibat bertambahnya usia, rabun senja, kanker, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Polresta Bogor Kota Beri Vitamin hingga Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Petugas Sorlip

Labu
Labu dengan warna oranye memiliki kandungan beta karoten seperti wortel yang dapat diolah tubuh menjadi vitamin A. secangkir labuh mampu memenuhi kebutuhan vitamin A dua kali lipat dari yang disarankan.

Sayuran dengan kandungan vitamin A sebaiknya dikonsumsi teratur dan secukupnya saja. Asupan berlebih dapat memicu kerusakan hati dan ginjal, penumpukan kalsium, dan osteoporosis. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah yang aman untuk tubuh.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep