25 radar bogor

UNY Buka Kuota 6.000, Simak Prodi dengan Jumlah Peminat Tertinggi

UNY buka kuota sebanyak 6.000 di penerimaan mahasiswa baru tahun 2024

YOGYAKARTA – RADAR BOGOR, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan membuka penerimaan mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 6.000.

Penerimaan mahasiswa baru UNY melalui tiga jalur, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT), dan jalur Seleksi Mandiri (SM).

Baca Juga: Sambut Calon Maba, UNNES Siapkan Kuota 11.300

Dikutip JawaPos.com dari laman resmi uny.ac.id, Kepala Unit Admisi UNY Setya Raharja mengatakan, daya tampung UNY tahun ini dari jalur SNBP, SNBT maupun Seleksi Mandiri, baik dari jenjang S1 maupun D4 secara keseluruhan lebih dari 6.000 orang.

Pada SNPMB 2023, ada program studi yang memiliki peminat sangat tinggi untuk jenjang S1 di UNY dari ketiga jalur. Yakni Prodi Manajemen dengan peminat sebanyak 13.762 mahasiswa dan diterima 459 mahasiswa.

Program studi lain dengan persaingan sangat tinggi yaitu Teknologi Informasi yakni satu kursi diperebutkan 79 calon mahasiswa. Pada 2023 memiliki jumlah peminat 6.327 siswa sedangkan yang diterima hanya 81 mahasiswa.

Pada 2024, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Ganefri mengatakan, ada tiga perubahan untuk SNPMB. Yakni peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.

Baca Juga: Siapkan Kuota 7.460, UNPAD Terapkan Kebijakan Baru

Kedua, lanjut dia, peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun.

”Ketiga, setiap peserta UTBK SNBT tahun ini memiliki kesempatan memilih hingga empat prodi yang berbeda. Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN akademik, PTN vokasi, dan/atau PTKIN,” terang Ganefri.

Selain itu, setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri atas 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).

”Diharapkan peserta bijak dalam mengisi pilihan prodi, pilihlah prodi sesuai minat dan bakatnya, bukan sekadar coba-coba,” kata Ganefri.

Perubahan penerimaan mahasiswa baru itu, untuk memperbaiki sistem seleksi pada 2023. Pelaksana Tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Nizam menjelaskan, perubahan untuk perbaikan dan peningkatan dari tahun sebelumnya.

”Di samping juga untuk mengakomodasi berbagai dinamika perubahan di sistem pendidikan,” kata Nizam.

Baca Juga: Canvassing 2024, Ketua HA IPB University Beri Motivasi dan Kiat-Kiat Sukses

Pada pelaksanaan SNPMB 2024, diawali dengan registrasi akun SNPMB pada portal resmi SNPMB. Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, hingga pendaftaran UTBK-SNBT. (jpg/sela-pkl)

Editor: Yosep