25 radar bogor

TKN Prabowo Berikan Solusi Lapangan Pekerjaan dengan Program Magang Virtual untuk Anak Muda

Prabowo-Gibran
Prabowo-Gibran

JAKARTA – RADAR BOGOR, Program Magang Virtual menjadi solusi bagi masalah lapangan pekerjaan yang diberikan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming raka yang disampaikan melalui Tim Kampanye Nasional (TKN). program ini diluncurkan untuk menyerap tenaga kerja muda dengan berbasis projek.

Baca Juga: Prabowo Kenang Persahabatannya dengan Jokowi Tak Akan Pernah Putus

“Hari ini kita bicara partisipasi pemuda untuk penyediaan lapangan kerja. Dari berbagai lembaga survei, kebutuhan utama orang muda di Indonesia itu terkait lapangan pekerjaan. Jadi tiap tahun ada jutaan orang muda yang selesai kuliah, selesai SMK, itu seperti apa penyerapannya,” kata Komanda TKN Fanta Arief Rosyid Hasan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Senin (15/1).

Arief mengatakan, salah satu kebutuhan utama anak muda di Indonesia adalah lapangan kerja. Melalui kolaborasi antara Pemilihmuda.id dan Rakamin Academy, pihaknya menggandeng anak-anak muda untuk turut berpartisipasi dalam penyediaan lapangan kerja.

“Inilah yang bagi kami pentingnya kehadiran Pak Prabowo sebagai senior dan Mas Gibran Raka Buming Raka yang benar-benar muda. Pak Prabowo dan Mas Gibran benar-benar menempatkan orang muda itu sebagai kekuatan dan tulang punggung. Seluruh program yang akan kita sampaikan adalah program yang akan bermanfaat untuk orang muda di seluruh Indonesia,” jelas Arief.

Baca Juga: Penuhi Undangan Bawaslu, Gibran Didampingi Anggota TKN dan Paspampres

Di tempat sama, Koordinator TKN Fanta Karir, Andika Deni Prasetya mengatakan, Indonesia sedang menghadapi bonus demografi tepat di tengah pesatnya era digital. Karena itu, tantangan yang dihadapi Indonesia akan jauh berbeda dibanding sejumlah negara di Asia yang sebelumnya telah melewati era bonus demografi.

“Kita menghadapi bonus demografi tetapi kita di era digitalisasi yang mungkin lapangan pekerjaan itu dalam waktu 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun perubahannya cukup signifikan. Maka kita butuh cara-cara baru. Cara-cara yang lebih kreatif lagi. Cara-cara yang benar-benar bisa membantu anak-anak muda untuk segera bisa dapat kerja,” kata Andika.

Karena itu, lanjut Andika, melalui kolaborasi dengan Rakamin Academy, pihaknya ingin menghadirkan kemudahan bagi anak-anak muda agar cepat mendapat pekerjaan sekaligus mendapat kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga: TKN Usul MNC Tak Jadi Penyelenggara Tunggal di Debat Ketiga Capres-Cawapres

“Tujuan program ini bukan lagi hanya sebatas upskilling, tapi langsung penyerapan kerja. Karena platform yang sudah dibangun Rakamin Academy itu di dua sisi. Di sisi peserta, ketika mereka ikutin program, kompetensi-kompetensinya akan diukur secara otomatis oleh sistem. Kemudian kompetensi itu akan kerekam langsung dan bisa diakses oleh perusahaan,” kata Andika. (jpg/sela-pkl)

Editor: Yosep